Sambut Mudik Lebaran, Layanan Skytrain Bandara Soekarno-Hatta Kembali Diaktifkan

JAKARTA – Setelah sekitar dua tahun tidak beroperasi gara-gara pandemi Covid-19, PT Angkasa Pura II akan membuka kembali skytrain di . Pengoperasian kereta layang tersebut dilakukan seiring dengan dibukanya kembali untuk mengantisipasi lonjakan menjelang tahun 2022.

AP II Tambah Rangkaian Skytrain – krjogja.com

“Pada periode Angkutan Lebaran 2022, kami juga akan mengaktifkan skytrain yang merupakan moda transportasi berbasis rel dengan tenaga listrik untuk perpindahan penumpang pesawat serta pengunjung bandara dari dan ke Terminal 1, Terminal 2, Terminal 2, dan stasiun KA bandara,” papar Direktur Utama PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin, dikutip dari Republika. “Skytrain akan dioperasikan mulai pukul 05.00 hingga 22.00 WIB.”

Awaluddin melanjutkan, Bandara Soekarno-Hatta siap menghadapi Angkutan Lebaran tahun ini dengan diaktifkannya seluruh terminal dan dukungan operasional tiga landasan pacu. Awaluddin menilai kesiapan tersebut akan memastikan kelancaran penerbangan rute domestik dan internasional di Bandara Soekarno-Hatta. Angkutan Lebaran 2022 sendiri ditetapkan pada 22 April hingga 13 Mei 2022.

“Mulai 7 April 2022, Bandara Soekarno-Hatta juga membuka sentra vaksinasi booster di Terminal 2,” tambah Awaluddin. “Sentra vaksinasi booster dibuka di hall area Terminal Kedatangan 2D dan 2E untuk mendukung penumpang pesawat, termasuk pada periode Angkutan Lebaran 2022, dan beroperasi setiap hari pada pukul 08.00 sampai 16.00 WIB.”

Menurut keterangan Senior Manager Branch Communication and Legal Bandara Soekarno-Hatta, M. Holik Muardi, calon penumpang yang mau divaksin Covid-19 di dua gerai itu, disarankan datang empat jam sebelum divaksin. Calon penerima vaksin wajib membawa KTP asli dan minimal berusia 18 tahun. “Mereka wajib mematuhi protokol kesehatan saat akan divaksin,” kata Holik.

Menurut PT Angkasa Pura II, puncak arus mudik di Bandara Soekarno-Hatta akan terjadi pada H-3 Lebaran, dengan penumpang diprediksi mencapai 140 ribu sampai 150 ribu orang per hari. Selama sepuluh hari terakhir Maret 2022 kemarin, jumlah penumpang di Bandara Soekarno-Hatta telah menunjukkan peningkatan signifikan hingga di atas 100 ribu penumpang per hari.