Bandara Soekarno Hatta Siap untuk Dijadikan Superhub

Jakarta – Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas kini sedang mengkaji penentuan dalam membentuk hub dan superhub bandar udara di Indonesia. Nantinya usulan itu akan diajukan langsung pada Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebelum ditetapkan.

– www.trenasia.com

Setidaknya ada beberapa bandara yang bisa menjadi kunci dalam penentuan bandara hub dan super hub tersebut. Beberapa di antaranya berada di bawah pengelolaan PT Angkasa Pura (AP) I, yaitu Bandara Ngurah Rai dan Bandara Internasional Juanda Surabaya. Sedangkan bandara yang dikelola AP II adalah Bandara Internasional Soekarno-Hatta dan Bandara Internasional .

Menurut VP Corporate Secretary AP I Handy Heryudhitiawan, pihaknya siap apabila bandara kelolaan AP I menjadi bandara hub dan super hub. “Terkait Bappenas mengarah Bandara I Gusti Ngurah Rai dan Juanda menjadi bandara superhub kami siap,” ungkap Handy, Senin (14/9), seperti dilansir Republika.

Di sisi lain, PT AP II juga mengaku siap apabila bandara yang dikelolanya didapuk menjadi bandara hub dan superhub, terutama kesiapan Bandara Internasional Soekarno-Hatta dan Bandara Internasional Kualanamu. “Untuk kesiapan, kedua bandara ini sudah siap dan layak karena memang fasilitas, sarana, dan prasarana yang paling lengkap,” kata Yado Yarismano, VP Corporate Communication (Persero).

Terlebih karena tahun 2019 lalu Bandara telah melayani sebanyak 66,9 juta . Revitalisasi tiap terminal pun telah dilakukan dan kini dalam proses pembangunan terminal 4 dan sudah mempunyai 3 landasan pacu. Sedangkan untuk Bandara Kualanamu, AP II akan menggaet mitra strategis untuk ikut proses lelang dalam kerja sama pengelolaan operasi dan pengembangannya.

Sebelumnya, Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub Novie Riyanto membeberkan bandara mana saja yang akan jadi hub dan super hub. “Rencana kami bahwa Bali (Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai) akan dikembangkan besar sehingga dapat melayani 50 juta penumpang ke depannya,” ucap Novie.

Selain Bali, bandara internasional di Balikpapan akan jadi hub, sedangkan bandara di Sulawesi Utara akan jadi superhub. “Bandara ini akan bisa mengakomodir ekspor kita baik industri, perikanan, dan lainnya sehingga daerah di situ terkoneksi langsung dengan China, Korea, dan Jepang, dan negara eropa bagian timur. Ini masih kita bahas intensif sehingga jaringan rute internasional, nasional, serta bisa terkoneksi baik,” ungkap Novie.