Cegah Penularan Corona, Bandara Soetta Tambah Hand Sanitizer di Sejumlah Titik

Jakarta , Tangerang, Banten menambah titik peletakan hand sanitizer atau cairan pembersih tangan. Langkah ini dilakukan untuk mencegah penularan virus corona. Setidaknya sudah ada 30 titik penempatan hand sanitizer tambahan di seluruh area Bandara Soetta.

Yado Yarismano, Vice President Corporate PT AP II - deladeni.com

Yado Yarismano, Vice President Corporate PT AP II – deladeni.com

“Jadi total 132 titik yang sudah terpasang,” kata Senior Manager Branch Communication and Legal Bandara Soekarno-Hatta, Febri Toga Simatupang di Tangerang, Selasa (3/3), seperti dilansir Kompas.

Febri mengungkapkan bahwa penambahan spot hand sanitizer itu nantinya tak hanya meliputi area Bandara Soetta saja, tetapi juga diperluas sampai area halte shuttle bus. “Kami akan menambah hand sanitizer di semua . Nah, kami juga akan menambah di TOD shuttle bus, shuttle train dan lainnya,” tutur Febri.

Hand sanitizer juga akan diletakkan di area pabrik dan gudang, demikian pula pembagian masker secara berkala yang terus dilaksanakan PT Angkasa Pura (AP) selaku pihak pengelola Bandara Soekarno-Hatta. “Dan sekarang kami lagi order (hand sanitizer) yang untuk daerah pabrik. Yang pembagian masker terus berjalan hingga saat ini masih,” ujar Febri.

AP II bersama seluruh stakeholder pun menegaskan jika prosedur upaya pencegahan penyebaran virus corona telah dilaksanakan sesuai dengan ketentuan. “Koordinasi intensif dilakukan di Bandara Soekarno-Hatta antara operator bandara, yakni PT Angkasa Pura II dengan Otoritas Bandara, Kantor Imigrasi, Karantina, Kepolisian, Kantor Kesehatan Pelabuhan, dan stakeholder lainnya. Tim Facilitation [FAL] yang dipimpin oleh Kepala Otoritas Bandar Udara Wilayah I sudah diaktifkan sebagai wadah koordinasi di antara stakeholder di Soekarno-Hatta,” jelas VP of Corporate Communications PT Angkasa Pura II, Yado Yarismano.

Ditjen Perhubungan Udara pun mengimbau internasional yang tiba di seluruh bandara Indonesia diperiksa lebih ketat. “Kami memastikan seluruh pemeriksaan penumpang yang baru tiba dari luar negeri akan melalui pemeriksaan suhu tubuh dengan dibagi dalam beberapa lajur. Maskapai juga akan menginformasikan kepada penumpang mengenai keharusan mengisi Health Alert Card,” ujarnya.

“Setiap personel dari seluruh stakeholder di Bandara Soekarno-Hatta berupaya keras mencegah penyebaran virus ini. Kami memohon dukungan dari penumpang pesawat di bandara dan juga seluruh masyarakat. Bandara adalah pintu gerbang utama di Indonesia. Oleh karena itu, upaya pencegahan dijalankan dengan maksimal,” tandasnya.