Akhir Maret 2020 Express Buka Rute Penerbangan dari Jakarta ke Sampit & Muara Bungo

Sampit Express Air akan segera melayani Sampit-Jakarta pergi pulang (PP) mulai tanggal 30 Maret 2020 mendatang melalui H. Asan Sampit. Dengan beroperasinya besutan PT Aero Nusantara Indonesia ini diharapkan dapat menyeimbangkan dengan maskapai lain.

Maskapai Express Air - (Youtube: Fathur Rachim)

Maskapai Express Air – (Youtube: Fathur Rachim)

“Selama ini yang beroperasi untuk rute Sampit – Jakarta hanya ada dari maskapai NAM Air. Kita harapkan kehadiran maskapai baru ini dapat menyeimbangkan harga tiket pesawat sehingga masyarakat mempunyai pilihan,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) Halikinnor, seperti dilansir Prokal.

Halikinnor mengharapkan, hadirnya Express Air juga bisa menambah rute penerbangan selain Sampit-Jakarta, misalnya rute Sampit-Banjarmasin yang dulunya sempat dilayani Kalstar. “Kita harapkan adanya maskapai penerbangan yang baru bisa menambah rutenya menuju Sampit – Banjarmasin,” paparnya.

Ditemui pada kesempatan yang berbeda, Kepala Bandara Haji Asan Sampit Havandi Gusli membenarkan jika Express Air rencananya mulai beroperasi akhir Maret 2020 depan. “Rencananya maskapai penerbangan Express Air tipe Boeing 737 500 kemungkinan 98 persen bakal beroperasi di Bandara Haji Sampit,” papar Havandi, Kamis (13/2).

Hingga kini terdapat 2 maskapai yang melayani penerbangan di Bandara Haji Asan Sampit, yaitu NAM Air Type Boeing Seri 737-500 dan Wings Air jenis ATR. Havandi mengakui, kondisi runway atau landasan pacu Bandara Sampit hanya bisa digunakan untuk pesawat sekelas tipe ATR dan Boeing 737-500. “Kondisi landasan kita saat ini hanya memiliki panjang 2.060 dan lebar 30 meter, sedangkan kalau lion atau maskapai sekelas type NJ bisa masuk asalkan panjang landasan 2.250 dan lebarnya harus 45 meter,” ungkapnya.

Selain rute Sampit-Jakarta, Express Air juga berencana membuka rute Muara Bungo-Jakarta PP tanggal 31 Maret 2020. “Rencananya kita mulai operasikan per 31 Maret ini, tiga kali penerbangan seminggu,” papar Business Development Express Air, George Yoel. Adapun rute Muara Bungo-Jakarta dilayani setiap hari Selasa, Kamis, dan Sabtu.

Sementara itu, untuk jadwal penerbangannya, pesawat akan terbang pada pukul 06.55 WIB dari Jakarta dan tiba di Muara Bungo jam 08.15 WIB. Kemudian lanjut terbang lagi dari Muara Bungo pukul 08.45 WIB dan mendarat di Jakarta pukul 10.05 WIB. Rute Muara Bungo-Jakarta akan dilayani dengan pesawat Boeing 737 berkapasitas 123 seat. Sayangnya, untuk informasi tarif saat ini masih dalam pembahasan. “Masih kita pertimbangkan dulu, tapi mudah-mudahan, yang terbaik lah tarifnya,” tandasnya.