Bandara Soekarno-Hatta Layani 70% Keberangkatan Jemaah Haji

Cengkareng – PT Angkasa Pura (AP) II memastikan bahwa di 5 kelolaannya berlangsung dengan lancar. Dari kelima tersebut, rupanya menjadi bandar udara yang paling banyak melayani keberangkatan jemaah haji asal Indonesia.

Direktur Utama PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin – today.line.me

Adapun bandara Angkasa Pura II yang ditetapkan sebagai embarkasi keberangkatan haji meliputi Bandara Soekarno-Hatta (Tangerang), Bandara Kualanamu (Deli Serdang), Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II (Palembang), Bandara Sultan Iskandar Muda (Aceh), dan Bandara Minangkabau (Padang).

Menurut Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin, selama periode 4-21 Juni 2022 sebanyak 79 penerbangan haji dari Bandara Soetta telah diberangkatkan untuk mengangkut 20.475 jamaah haji ke Tanah Suci. “Jumlah itu sudah mencapai 70 persen dari total 29.221 jamaah haji yang direncanakan berangkat dari Bandara Soekarno-Hatta,” ungkap Awaluddin, Rabu (22/6), seperti dilansir dari Republika.

Lebih lanjut Awaluddin menjelaskan, jemaah haji yang berangkat ke Tanah Suci melalui Bandara Soekarno-Hatta (CGK) paling banyak berasal dari Jawa Barat sebanyak 9.824 jemaah haji. Kemudian Banten sebanyak 3.923 jemaah haji, DKI Jakarta sebanyak 3.523 jemaah haji, dan Lampung sebanyak 3.205 jemaah haji.

Pelaksanaan angkutan Haji tahun 2022 ini merupakan yang pertama sejak 2 tahun terakhir terhenti. Seperti diketahui, selama 2020 dan 2021 Indonesia tidak memberangkatkan jemaah haji karena terdampak oleh pandemi.

“Karena itu, seluruh stakeholder Bandara Soekarno-Hatta berkoordinasi erat agar penyelenggaraan angkutan haji 2022 berjalan dengan baik, termasuk mendukung inisiatif Makkah Road. Melalui inisiatif Makkah Road, jamaah haji dapat menjalani proses pre-clearance keimigrasian Arab Saudi di Bandara Soekarno-Hatta sebelum berangkat dengan pesawat menuju Tanah Suci,” tutur Awaluddin.

Hal itu juga memudahkan jemaah haji ketika tiba di Bandara Jeddah atau Madinah untuk bisa memasuki wilayah Arab Saudi. “AP II menyiapkan seluruh fasilitas yang dibutuhkan di Terminal 2 termasuk juga bersama stakeholder menetapkan alur keberangkatan jamaah haji mulai dari asrama haji, lalu menuju area Makkah Road, hingga naik pesawat,” katanya.