14 Bandara Angkasa Pura II Raih Apresiasi ACI World’s Voice of The Customer

Jakarta – Sebanyak 14 bandar udara kelolaan (AP) II memperoleh apresiasi dari Airport Council International (ACI) karena sudah menerapkan inisiatif ACI World’s Voice of the Customer bahkan di masa pandemi (Covid-19) pada tahun 2020.

Muhammad Awaluddin, Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) - solo.tribunnews.com

Muhammad Awaluddin, Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) – solo.tribunnews.com

-bandara AP II yang memperoleh apresiasi antara lain (Tangerang), Sultan Mahmud Badaruddin II (Palembang), Husein Sastranegara (Bandung), Sultan Syarif Kasim II (Pekanbaru), Depati Amir (Pangkalpinang), Silangit, Raja Haji Fisabilillah (Tanjung Pinang), Halim Perdanakusuma (Jakarta), Banyuwangi, Kualanamu (Deli Serdang), Minangkabau (Padang), Sultan Thaha (Jambi), dan Sultan Iskandar Muda (Aceh).

Penghargaan itu sekaligus menandakan bahwa bandara-bandara AP II secara konsisten mendengar suara traveler, baik sebagai apresiasi dan masukan untuk selalu meningkatkan aspek . AP II pun kabarnya rutin tiap 3 bulan sekali mengadakan survei yang melibatkan penumpang pesawat/traveler sebagai responden. Hasil survei itu dipakai sebagai dasar untuk menjaga dan meningkatkan , termasuk di masa pandemi.

“Inisiatif ini [ACI World’s Voice of the Customer] mengakui bahwa bandara tetap memprioritaskan pelanggan dan berkomitmen memastikan suara mereka didengar di tengah pandemi COVID-19 pada 2020,” kata Director General ACI World Luis Felipe de Oliveira, seperti dilansir Tangerangonline.

“Bandara Anda telah melakukan pencapaian signifikan dalam mengumpulkan umpan balik [feedback] melalui program Airport Service Quality dari ACI, dan ini membantu Anda untuk dengan baik dapat memahami pelanggan, serta memberikan informasi kepada Anda dalam menjalankan komitmen memberikan pelayanan luar biasa di tengah keadaan sulit ini,” imbuhnya. Seiring dengan didengarnya suara traveler, Luis Felipe de Oliveira menilai bandara AP II bisa secara konsisten memberi pelayanan terbaik di masa pandemi. 

Sementara itu, President Director PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengungkapkan bahwa pihak AP II mengenalkan berbagai inovasi guna memudahkan sekaligus mewujudkan perjalanan udara yang lancar (seamless journey) untuk traveler dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan yang ketat.

“Sejumlah inovasi kami perkenalkan pada tahun lalu untuk memudahkan perjalanan dengan pesawat dan mendukung traveler tetap memenuhi protokol kesehatan di tengah pandemi. Dasar dari adanya inovasi-inovasi tersebut di bandara AP II salah satunya adalah suara dari traveler atau penumpang pesawat,” tutupnya.