Awal Agustus, Garuda Indonesia Buka Penerbangan Jakarta-Banyuwangi

JAKARTA – Semakin berkembangnya potensi di Banyuwangi membuat banyak maskapai berencana membuka ke kota paling timur Pulau Jawa tersebut. Bulan Agustus 2017 mendatang, PT akan melayani langsung Jakarta-Banyuwangi yang diharapkan bisa meningkatkan kunjungan ke ujung timur Pulau Jawa.

Garuda Indonesia buka rute Jakarta-Banyuwangi - infopenerbangan.com

Garuda Indonesia buka rute Jakarta-Banyuwangi – infopenerbangan.com

Sebelum Garuda Indonesia, Sriwijaya Air melalui anak perusahaan mereka, , telah resmi membuka rute penerbangan Jakarta-Banyuwangi pada pertengahan Juni lalu. melakukan penerbangan dari Jakarta setiap hari pada pukul 07.05 WIB, sedangkan rute sebaliknya berangkat pada pukul 09.05 WIB.

“Kami berencana membuka rute penerbangan langsung dari Jakarta menuju Banyuwangi pada awal bulan Agustus nanti,” jelas Direktur Utama PT Garuda Indonesia, Pahala Mansury. “Selain rute Jakarta-Banyuwangi, tahun ini Garuda Indonesia juga akan melayani penerbangan rute Chengdu-Denpasar dan Makassar-Raha.

Menurut Pahala, pembukaan rute penerbangan tersebut dinilai akan menunjang kinerja perusahaan pada tahun 2017 ini. Dirinya mengungkapkan bahwa pada kuartal kedua tahun 2017, jumlah pesawat Garuda Indonesia tercatat mengalami kenaikan yang cukup signifikan. “Kami melihat dari beberapa operating indikasi, termasuk utilisasi pesawat, mengalami peningkatan dibandingkan periode pertama tahun 2016 lalu,” sambung Pahala.

Meski perusahaan mengalami kerugian sebesar 98,5 juta dolar AS atau sekitar Rp1,31 triliun sepanjang kuartal pertama 2017, namun angka tersebut diharapkan bisa ditekan di kuartal kedua tahun ini seiring membaiknya operasional. Menurut Pahala, kinerja perseroan pada triwulan kedua tahun ini juga akan tumbuh positif setelah adanya pembukuan dari hasil program pengampunan pajak atau tax amnesty.

“Kepadatan penumpang pesawat Garuda Indonesia saat ini mencapai 72 persen dan diperkirakan mengalami perbaikan hingga akhir tahun dan perusahaan berharap bisa menghasilkan laba,” imbuh Pahala. “Kami cukup optimistis bahwa untuk triwulan keempat 2017, operating result perusahaan Insya Allah akan positif.”