Makin Longgar, Penumpang Pesawat dari Bandara Soetta Tak Perlu Tes Covid-19

Jakarta telah menerbitkan aturan baru perjalanan udara melalui . Kini, rute domestik yang akan berangkat dari Soetta tak perlu lagi membawa hasil negatif tes Covid-19. Aturan ini berlaku sejak Rabu (18/5) dan hanya dikhususkan pada penumpang yang telah divaksinasi Covid-19 dosis kedua dan ketiga.

Petugas Mengecek Keberangkatan Penumpang Bandara Internasional Soekarno-Hatta - realitarakyat.com

Petugas Mengecek Keberangkatan Penumpang Bandara Internasional Soekarno-Hatta – realitarakyat.com

Aturan perjalanan tersebut tercantum dalam Surat Edaran (SE) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Nomor 56 Tahun 2022 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri Dengan Transportasi Udara pada Masa Pandemi Covid-19. Hal ini juga telah dikonfirmasi oleh pihak Kementerian Perhubungan. “SE Kemenhub Nomor 56 sudah berlaku di Bandara Soekarno-Hatta,” kata Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati, Rabu (18/5), seperti dilansir dari Kompas.

Berdasarkan SE Kemenhub Nomor 56 Tahun 2022, penumpang yang telah mendapatkan vaksinasi dosis kedua dan ketiga tidak wajib menunjukkan hasil negatif tes PCR atau tes antigen. Kemudian, penumpang yang telah mendapatkan vaksinasi dosis pertama wajib menunjukkan hasil negatif tes antigen yang sampelnya diambil dalam kurun waktu 1 x 24 jam atau hasil negatif tes PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu 3 x 24 jam sebelum keberangkatan sebagai syarat perjalanan.

Penumpang dengan kondisi kesehatan khusus atau penyakit komorbid yang menyebabkan pelaku perjalanan tidak dapat menerima vaksinasi dikecualikan terhadap syarat vaksinasi, tetapi wajib menunjukkan hasil negatif rapid test antigen yang sampelnya diambil 1 x 24 jam atau hasil negatif tes RT-PCR yang diambil 3 x 24 jam sebelum keberangkatan sebagai persyaratan perjalanan. Selain itu, melampirkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah yang menyatakan bahwa yang bersangkutan belum dan/atau tidak dapat mengikuti vaksinasi Covid-19.

Presiden Director Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengungkapkan bahwa pihaknya telah menerapkan peraturan tersebut di seluruh bandara kelolaan, termasuk Bandara Soekarno-Hatta. “AP II menyambut baik relaksasi peraturan perjalanan, dan sejalan dengan hal tersebut kami tetap menerapkan peraturan yang masih diberlakukan seperti ketentuan menjaga jarak, menghindari kerumunan serta melakukan disinfektan di berbagai fasilitas,” tandasnya.