AP II Sudah Vaksin 100 Ribu Orang, Bandara Soekarno-Hatta Terbanyak

JAKARTA – mengklaim banyak mereka telah melakukan vaksinasi Covid-19 terhadap 102.357 di yang disediakan 18 yang mereka naungi. Hingga tanggal 28 Agustus 2021 kemarin, Internasional tercatat menjadi bandara yang melayani vaksin terbanyak, yakni mencapai 62.309 orang.

vaksinasi di Bandara Internasional Soekarno-Hatta – www.beritasatu.com

Setelah Bandara Soekarno-Hatta, jumlah vaksinasi terbanyak tercatat di Bandara Halim Perdanakusuma dengan jumlah penyuntikan vaksin sebanyak 6.292 orang. Bandara Husein Sastranegara Bandung berada di posisi ketiga dengan jumlah penyuntikan 5.092 penumpang, disusul Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang dengan jangkauan vaksinasi sebanyak 5.602, dan Bandara Kualanamu dengan vaksinasi 5.023 orang.

“Di Bandara Soekarno-Hatta, terdapat dua sentra vaksinasi, yakni di 2 dan 3, yang dibuka untuk mendukung yang ada selama 24 jam setiap harinya,” papar Direktur Utama PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin, seperti dikutip dari Tempo. “Sentra vaksinasi akan terus beroperasi untuk mendukung percepatan program vaksin nasional.”

Untuk memantau secara real time jumlah calon penumpang yang melakukan registrasi vaksin, Awaluddin melanjutkan, pihaknya telah membuat dashboard monitoring real time vaksinasi di Bandara Soekarno-Hatta. Dashboard ini juga untuk memantau jumlah orang yang telah melakukan observasi, dan data-data lainnya untuk menjaga serta memastikan ketersediaan vaksin yang ada di Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Soekarno-Hatta di bawah Kementerian Kesehatan.

“Kami sangat berterima kasih kepada Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Soekarno-Hatta yang sangat mendukung ketersediaan vaksin,” sambung Awaluddin. “Kemudahan dalam mendaftar vaksinasi, pengelolaan sentra vaksinasi yang profesional, dan dukungan penuh seluruh stakeholder menjadi kunci bandara AP II dapat memberikan vaksinasi kepada lebih dari 100 ribu calon penumpang pesawat dengan baik.”

Seperti diketahui, protokol kesehatan bagi calon penumpang pesawat untuk bisa melakukan penerbangan adalah harus menunjukkan kartu vaksinasi minimal dosis pertama dan hasil tes Covid-19 sesuai yang dipersyaratkan. Perseroan pun membuka sentra vaksinasi agar calon penumpang pesawat yang harus melakukan perjalanan mendesak di tengah pandemi ini dapat senantiasa memenuhi protokol kesehatan.