AP II Terima 538 Permintaan Penerbangan Tambahan dari Maskapai

Jakarta – PT Angkasa Pura (AP) II mencatatkan ada lebih dari 500 pengajuan tambahan (extra flight) untuk memenuhi kebutuhan angkutan 2022. Jumlah itu mencakup 20 yang berada di bawah pengelolaan di Indonesia.

President Director PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin – swa.co.id

“Sampai saat ini, jumlah extra flight yang diajukan ke Angkasa Pura II telah mencapai 538 extra flight, untuk periode 25 April – 10 Mei 2022,” kata President Director PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin, Jumat (22/4), seperti dikutip dari Liputan6.

Dari 538 extra flight tersebut, permohonan penerbangan tambahan paling banyak melalui Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten. Awaluddin mengungkapkan, jumlah tersebut paling banyak setelah 2 tahun Indonesia dihantam oleh pandemi. “Sudah 2 tahun terakhir tidak ada extra flight yang diajukan maskapai karena pandemi COVID-19. Pada periode Angkutan Lebaran tahun ini, extra flight kembali ada,” tutur Awaluddin.

Permintaan penerbangan tambahan tersebut tentunya akan jadi perhatian bagi AP II. Selain itu, pengelola bandara akan melakukan penyesuaian serta memastikan keandalan , guna mengakomodir extra flight yang disetujui. “Adanya extra flight juga sebagai salah satu indikator pemulihan sektor penerbangan nasional,” jelas Awaluddin.

Dalam rangka meningkatkan kewaspadaan, Angkasa Pura II menetapkan Jumat (22/4) lalu sebagai hari pertama periode angkutan Lebaran 2022. Bukan hanya di Bandara Soekarno-Hatta, seluruh bandara kelolaan AP II mulai saat ini fokus mengantisipasi pergerakan dan .

“Seluruh bandara AP II berupaya mewujudkan Aman, Sehat. Personel bandara fokus pada pergerakan yang ada dan melaporkan secara real-time, untuk dilakukan analisa sebagai dasar pengambilan keputusan operasional di lapangan guna memastikan bandara AP II dapat tetap menerapkan prinsip safety, security service dan compliance terhadap berbagai regulasi termasuk protokol COVID-19,” ujarnya.

Bersamaan dengan periode awal angkutan Lebaran 2022, AP II membuka Posko Angkutan Udara pada masa Lebaran tahun 2022 (1443 H). Posko Angkutan Lebaran 2022 di bandara AP II diperkuat personel dari stakeholder bandara antara lain AP II selaku operator bandara, Satgas Penanganan COVID-19, Otoritas Bandara, maskapai, TNI, Polri, Pemda, Karantina, Bea dan Cukai, serta Imigrasi.