AP II Siapkan 3 Bandara untuk Dukung Kelancaran KTT G20

Jakarta – PT Angkasa Pura (AP) II mempersiapkan 3 bandar udara, yaitu Soekarno-Hatta (Banten), Halim Perdanakusuma (DKI Jakarta), dan Banyuwangi (Jawa Timur) sebagai pendukung penyelenggaraan KTT G20 yang diselenggarakan di Bali tanggal 15-16 November 2022.

AP II Siapkan 3 Bandara untuk Dukung Kelancaran KTT G20 (Sumber : www.tribunnews.com)

Selain digunakan untuk menyambut sejumlah delegasi KTT G20, ketiga bandara kelolaan AP II ini juga dipersiapkan untuk tempat menginap (Remain Over Night/RON) sebagian kenegaraan selama KTT G20 berlangsung.

Menurut Presiden Direktur AP II Muhammad Awaluddin, dan di sisi udara (air side) maupun sisi darat (land side) di ketiga bandara tersebut dipastikan telah siap. “AP II dan seluruh stakeholder melakukan beragam simulasi , rapat dan apel siaga untuk memastikan kesiapan terkait personel, , dan prosedur untuk mendukung KTT G20,” ujar Awaluddin di Jakarta, Sabtu (12/11), seperti dilansir dari Antara.

Lebih lanjut Awaluddin menjelaskan, sejak bulan Desember 2021, bandara-bandara Angkasa Pura II sudah digunakan untuk menyambut para delegasi dalam serangkaian kegiatan Presidensi G20 Indonesia 2022.

Sementara itu, Direktur Operasi AP II Muhamad Wasid mengatakan bahwa pihaknya berupaya meningkatkan koordinasi dengan seluruh pemangku kepentingan menjelang pelaksanaan KTT G20. “Slot time di bandara disesuaikan, ketersediaan parking stand pesawat sudah dipastikan, dan manajemen flow kedatangan dan delegasi KTT G20 telah disiapkan,” jelas Wasid.

Adapun Bandara Soetta mengalokasikan sebanyak 8 parking stand untuk lokasi atau menginap pesawat-pesawat kenegaraan peserta KTT G20. Di samping itu, Bandara Soekarno-Hatta juga menyiagakan Terminal 1C untuk melayani operasional pesawat yang melakukan penyesuaian sejalan dengan adanya penerbangan kenegaraan terkait KTT G20. “Di area apron Terminal 1B juga disiapkan 10 lokasi parking stand untuk pesawat jenis small body (SB),” ucapnya.

Sedangkan kedatangan VVIP/VIP delegasi KTT G20 di Bandara Soekarno-Hatta akan dilakukan lewat Terminal VIP yang terdapat di kawasan . Sementara itu, untuk delegasi non-VVIP/VIP, keberangkatan dan kedatangan dilakukan melalui terminal reguler. “Slot time penerbangan di bandara disesuaikan, ketersediaan parking stand pesawat sudah dipastikan, dan manajemen flow kedatangan dan keberangkatan delegasi KTT G20 telah disiapkan,” pungkas Wasid.