Sukseskan Angkutan Lebaran 2022, AP II Raih Penghargaan dari Kemenhub

Jakarta (AP) II memperoleh penghargaan dari Kementerian Perhubungan lantaran berhasil menyelenggarakan 2022 dengan baik di sejumlah kelolaannya. Dalam penyelenggaraan angkutan 2022, AP II dinilai mampu meraih pencapaian hasil yang optimal dalam memberi pelayanan jasa transportasi secara langsung pada masyarakat berdasarkan penilaian atas kriteria oleh masing-masing subsektor perhubungan.

Muhammad Awaluddin, Direktur Utama PT AP II - www.merdeka.com

Muhammad Awaluddin, Direktur Utama PT AP II – www.merdeka.com

Piagam Penghargaan Menteri Perhubungan Republik Indonesia tersebut diberikan oleh Irjen Kemenhub Gede Pasek Suardika pada President Director AP II Muhammad Awaluddin, pada Senin (27/6) lalu. Awaluddin menyampaikan, penghargaan dari Kemenhub itu adalah penyemangat bagi Angkasa Pura II untuk melayani masyarakat, khususnya dengan semakin baik.

“Kami berterima kasih kepada Menteri Perhubungan beserta jajaran yang secara intens memberikan masukan dan melakukan pengawasan dengan baik sehingga Angleb di bandara AP II berjalan lancar dengan mengutamakan aspek keamanan, pelayanan dan keselamatan serta pemenuhan terhadap seluruh regulasi yang berlaku,” jelas Awaluddin, Selasa (28/6), seperti dilansir dari Republika.

Lebih lanjut Awaluddin mengatakan, penyelenggaraan angkutan Lebaran 2022 di seluruh bandar udara Angkasa Pura II berjalan lancar. Hal itu sejalan dengan kolaborasi yang kuat di antara stakeholder bandara.

“Kami berterima kasih atas kolaborasi seluruh pemangku kepentingan di bandara yakni Otoritas Bandara, maskapai, ground handling, AirNav Indonesia, TNI dan Polri, Bea Cukai, Imigrasi, KKP Kementerian Kesehatan, serta masyarakat sehingga angkutan lebaran 2022 berjalan sukses di bandara AP II,” paparnya.

Kesuksesan penyelenggaraan angkutan Lebaran 2022 di bandara-bandara AP II dilakukan berdasar evaluasi dalam 3 indikator, yakni ketersediaan kapasitas (capacity), ketepatan waktu operasional (punctuality) dan standar pelayanan (service ability). Sepanjang angkutan Lebaran 2022 di bandara AP II pada 22 April – 13 Mei 2022, kapasitas kursi penerbangan sanggup mencukupi permintaan yang ada.

Kemudian, operasional penerbangan memenuhi jadwal yang direncanakan dan standar pelayanan di bandara pun tetap terjaga meski pergerakan penumpang meningkat. Dia menuturkan kesuksesan dalam memenuhi capacity, punctuality dan service ability didukung kesiapan personel dan fasilitas di bandara AP II.

“Seperti di Bandara Soekarno-Hatta yang merupakan titik pusat angkutan Lebaran, AP II kembali mengoperasikan Terminal 1 dan Kalayang (Skytrain) sehingga arus mudik dan arus balik dapat berjalan baik,” pungkasnya.