Harhubnas 2021, Angkasa Pura II Komitmen Perkuat Sistem Transportasi Nasional

Jakarta – Dalam rangka memperingati Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) 2021 yang jatuh pada tanggal 17 September lalu, PT Angkasa Pura (AP) II berkomitmen untuk memperkuat nasional (sistranas). Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sendiri telah menetapkan sistranas, yaitu tatanan yang terorganisasi secara kesisteman terdiri dari jalan, kereta api, sungai dan danau, penyeberangan, laut, udara, dan pipa.

Peringatan Harhubnas 2021 – dephub.go.id

“AP II berupaya memperkuat Sistranas melalui modernisasi tiga aspek, yakni infrastruktur yang diibaratkan sebagai hardware, lalu sistem sebagai software, dan kemudian pengembangan SDM sebagai brainware,” kata President Director of AP II Muhammad Awaluddin, Jumat (18/9), seperti dilansir Republika.

Di samping itu, Awaluddin juga memastikan fokus pada sustainability atau prinsip ramah lingkungan. Ia berharap bisa selalu meningkatkan kontribusi untuk bergerak harmonikan Indonesia sesuai tema Harhubnas 2021 dan memberi sumbangsih terbaik bagi kemajuan transportasi Indonesia.

Bertepatan dengan momen Harhubnas 2021 ini, AP II juga berkomitmen untuk bergerak maju dan berani berubah. “Ini untuk memodernisasi transportasi udara dan merespons pandemi Covid-19 melalui empat program,” papar Awaluddin.

Pada sektor infrastruktur, Awaluddin mengungkapkan bahwa AP II fokus mengembangkan Internasional Tangerang dan Kualanamu Medan. Sedangkan dalam hal pengembangan sistem teknologi informasi, AP II melaksanakan transformasi dengan memperkenalkan konsep New Experience through (X) Technology Airport 4.0 atau disebut dengan NEXT Airport 4.0.

Kemudian, dalam peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM), AP II akan fokus untuk meningkatkan kapasitasnya di bidang transportasi udara. “Salah satu implementasinya adalah mendirikan Airport Learning Center pertama di Indonesia guna membentuk SDM yang Digital Savvy dan Tech Savvy,” beber Awaluddin.

Tak ketinggalan, dalam hal sustainability, AP II sedang mengembangkan konsep bandar udara ramah lingkungan sebagai transportasi yang lebih berkelanjutan. Hal ini sesuai dengan pesan pada Harhubnas 2021. “Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta mendapat sertifikat sistem manajemen energi standar global ISO 50001: 2018. Kami juga telah mengimplementasikan penggunaan PLTS di kawasan Bandara Soekarno-Hatta,” pungkasnya.