AirNav Jamin Ketersediaan Slot Penerbangan Haji di 13 Bandara

Jakarta Umum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Indonesia (Perum LPPNPI) atau Indonesia menjamin ketersediaan slot untuk ibadah haji 1442 Hijriah/2021 selama masa pandemi Covid-19, seiring dengan turunnya pergerakan .

Penerbangan untuk Ibadah Haji

Penerbangan untuk Ibadah Haji

Menurut Manager Humas AirNav Indonesia Yohanes Harry Douglas Sirait, saat ini ada 13 bandar udara yang melayani embarkasi haji 2021, termasuk , Tangerang, Banten. Hingga kini penggunaan rata-rata slot terbang di 13 bandara itu mencapai 47 persen pada jam sibuk. Dengan kondisi tersebut, slot penerbangan haji 2021 tak akan jadi masalah karena tingkat pergerakan pesawat selama pandemi juga turun.

“Selama pandemi ini, kami juga melakukan sistem open-slot. Karena memang penerbangan sedang menurun kuantitasnya. Jadi lebih fleksibel dan memberikan sedikit kelonggaran masa berlaku slot time bagi maskapai,” jelas Harry, Selasa (13/4), seperti dilansir Bisnis.

Menurut data AirNav, utilisasi slot tertinggi ada di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar pada jam-jam sibuk yang mencapai 92 persen. Lalu disusul rerata pemakaian slot 3 bandara lainnya pada kisaran 60 persen, yaitu Bandara Adi Soemarmo Solo (SOC), Bandara Juanda Surabaya (SUB), dan Bandara Hang Nadim Batam (BTH). Secara terperinci dan berurutan, tingkat penggunaan slot di 13 bandara itu adalah 67 persen, 65 persen, dan 61 persen. Sisa pemakaian slot di 9 bandara lain berkisar 30 persen hingga 50 persen. “Semuanya masih lowong untuk penerbangan embarkasi haji di 13 bandara tersebut,” katanya.

Saudi Arabia Airlines (Saudia) sebagai salah satu maskapai yang melayani jemaah haji Indonesia kabarnya sudah menyiapkan 33 pesawat tipe Boeing 777-300. “Saudia Airlines siap untuk melayani haji 2021 yang dikelola oleh Kemenag. Saudia airlines akan mengeluarkan armada sebanyak 33 unit yang akan didaftarkan ke Kementerian Perhubungan [Kemenhub],” kata perwakilan Saudia Airlines.

Embarkasi yang akan dilayani pesawat Saudia meliputi Batam, Kertajati, Surabaya, dan sebagian dari Lampung melalui Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng. “Kami juga menyampaikan bahwa Saudia Airlines telah memiliki Standar Operasional Procedure [SOP] untuk pelayanan jamaah haji sesuai dengan prosedur kesehatan [prokes] Covid-19,” tandas perwakilan Saudia.