AirAsia Resmi Buka Rute Jakarta-Silangit, Terbang Tiga Kali Seminggu

JAKARTA – Seperti yang telah direncanakan sebelumnya, maskapai AirAsia resmi mengoperasikan rute Jakarta-Silangit, Sumatera Utara PP mulai tanggal 2 September 2022 kemarin. Dilayani tiga kali dalam seminggu, rute baru ini diharapkan dapat mempermudah akses masyarakat untuk berkunjung menikmati keindahan Danau Toba sebagai destinasi super prioritas.

Maskapai AirAsia mendarat di Silangit – www.liputan6.com

rute ini tujuannya untuk recovery nasional yang sebelumnya terdampak pandemi Covid-19,” papar Direktur Utama AirAsia Indonesia, Veranita Yosephine, dikutip dari Kompas.com. “Juga sejalan dengan upaya dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi melalui pariwisata dan di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Danau Toba.”

Veranita menambahkan, penerbangan rute baru ini diharapkan juga bisa meningkatkan peluang untuk menghubungkan lokal dan ke berbagai destinasi wisata dengan yang bersaing. Pihaknya pun mengaku bersyukur dapat menjadi bagian dari pengembangan pariwisata Indonesia melalui pembukaan rute-rute baru yang menghubungkan destinasi favorit lokal dan asing.

Silangit, yang merupakan bandara terdekat dari danau vulkanis terbesar di dunia, yakni Danau Toba, menawarkan panorama keindahan alam yang menakjubkan dengan hawa yang sejuk. Ada berbagai spot di sekitar Danau Toba yang menghadirkan sensasi pemandangan berbeda, saat matahari terbit maupun terbenam.

Tak hanya itu, wisatawan yang mengunjungi Danau Toba juga bisa mendalami sejarah dan tradisi warga asli serta menyaksikan pembuatan ulos, kain tradisional masyarakat Batak, serta menikmati seduhan kopi asli yang tumbuh di kawasan Danau Toba. Hal-hal itulah yang menjadi daya tarik tersendiri untuk para wisatawan berkunjung ke Danau Toba.

Sementara itu, CEO Capital A (yang menaungi AirAsia Indonesia), Tony Fernandes, mengungkapkan rasa bangga karena bisa membuka rute penerbangan Jakarta-Silangit. Pasalnya, rute tersebut telah direncanakan sebelum pandemi virus corona. “Dulu kami pernah coba, tetapi terkendala pandemi. Silangit ini sangat potensial, ada Danau Toba sebagai destinasi favorit,” kata Tony.

“Indonesia akan menjadi highlight AirAsia Aviation Group Journey. Tidak hanya di Bali, tapi juga Silangit, dan keberadaan AirAsia diharapkan mendorong potensi wisata sekitar,” sambung Tony. “Saya optimistis dengan pembukaan rute ini akan banyak turis pariwisata yang datang berkunjung ke Silangit dan Danau Toba. Saya berjalan di sini dan terlihat beberapa turis. Itu permulaan yang bagus.”