Mulai 12 April 2022, AirAsia Pindah ke Terminal 1A Bandara Soekarno-Hatta

Cengkareng akan memindahkan semua di Jakarta ke Terminal 1A , Tangerang, Banten mulai hari Selasa (12/4) depan. Sebelumnya, pesawat Air Asia beroperasi di Terminal 2 Soetta. Perpindahan operasional AirAsia ini dilakukan sesuai arahan PT Angkasa Pura (AP) II selaku pihak pengelola .

Maskapai AirAsia - economictimes.indiatimes.com

Maskapai AirAsia – economictimes.indiatimes.com

“Tamu AirAsia dengan penerbangan rute domestik dari dan ke Jakarta akan berangkat dan tiba di Terminal 1A mulai tanggal 12 April 2022 dan seterusnya,” demikian bunyi keterangan resmi AirAsia, seperti dilansir dari Kompas.

Sementara itu, untuk penerbangan rute internasional AirAsia tidak mengalami perubahan dan masih tetap beroperasi di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta. Perpindahan operasional penerbangan ini diharapkan bisa menambah kenyamanan para penumpang.

Sehubungan dengan adanya perpindahan operasional ini, pihak AirAsia menyarankan calon penumpang untuk memeriksa e-mail dan SMS agar mengetahui notifikasi mengenai perubahan tersebut. Mereka juga disarankan untuk mencetak kembali boarding pass lewat aplikasi AirAsia Super App atau situs web airasia.com. Untuk memperoleh informasi mengenai lokasi dan pilihan transportasi dari dan menuju Terminal 1A, kunjungi situs web Bandara Internasional Soekarno-Hatta di soekarnohatta-airport.co.id.

Sebagai informasi, PT Angkasa Pura II saat ini sedang melakukan strategi penyeimbangan (rebalancing) di Bandara Soekarno-Hatta untuk memaksimalkan fungsi 3 terminal penumpang pesawat dalam mendukung operasional penerbangan. Strategi rebalancing juga dilakukan sebagai salah satu persiapan Bandara Soekarno-Hatta dalam mengantisipasi lonjakan lalu lintas penerbangan di masa angkutan Lebaran yang berlangsung selama periode 22 April – 13 Mei 2022, dengan arus mudik pada 22 April – 1 Mei 2022, dan arus balik pada 4-13 Mei 2022.

Menurut Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta Agus Haryadi, strategi rebalancing bertujuan membagi peran 3 terminal untuk melayani keberangkatan dan kedatangan penumpang pesawat. “Lalu lintas penerbangan meningkat sejak akhir Maret 2022, dan kami memohon maaf kepada para penumpang pesawat jika pada periode tersebut merasakan Terminal 2 cukup ramai. Untuk itu, kami menjalankan strategi rebalancing dengan mengaktifkan mulai 1 April 2022 guna melayani keberangkatan dan kedatangan penumpang rute domestik,” bebernya.