WNI Positif Zika, Antisipasi Pencegahan di Bandara Soetta Masih Minim

Jakarta – Pemindai suhu tubuh atau thermoscanner telah dipasang di gerbanga kedatangan di usai Kementerian Luar Negeri RI mengkonfirmasi jika ada satu WNI yang sudah terpapar virus Zika di .

virus zika - likashingvirology.med.ualberta.ca

virus zika – likashingvirology.med.ualberta.ca

“Upaya cegah tangkal tidak hanya di bandara, tapi juga di pelabuhan laut, terutama Pelabuhan Batam. Semua akan dipindai suhu tubuhnya, terutama dari -negara tertular (virus Zika),” ujar Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan, Mohammad Subuh, Jumat (2/9).

Kementerian Kesehatan Singapura sebelumnya telah mengumumkan bahwa ada salah seorang WNI yang bekerja sebagai pembantu rumah tangga di Singapuran dan dinyatakan positif terkena virus Zika. Namun karena Singapura mempunyai regulasi sendiri untuk merahasiakan nama dan alamat pasien, maka WNI tersebut masih belum diketahui secara jelas identitasnya. Sementara ini hanya diketahui bahwa WNI tersebut adalah perempuan.

Sayangnya pencegahan virus Zika ke Indonesia lewat Bandara Soetta, Cengkareng, Tangerang tampaknya belum dilaksanakan secara optimal. Dokter KKP Soekarno Hatta, Edih Suryono, sebelumnya menuturkan jika pihaknya mencanangkan 3 program untuk pencegahan Zika. Pertama, mengaktifkan thermoscanner, kemudian memasang spanduk yang berisi informasi seputar virus Zika, dan yang terakhir membagikan health alert card atau kartu kewaspadaan di setiap pintu masuk bandara.

Namun kenyataannya program tersebut tidak berjalan sebagai mana mestinya. Salah seorang penumpang bahkan mengaku tidak memperoleh health alert card dari bandara. “Cuma pernah dengar saja (virus zika). Tadi tidak ada diberikan (kartu kewaspadaan),” ujar penumpang bernama Rajid.

Selain itu thermoscanner yang dapat berfungsi hanya ada di Terminal Kedatangan 2E, sedangkan di Terminal Kedatangan 2D tidak dapat berfungsi. Padahal, berdasar informasi dari Manajemen Terminal 2 Bandara Soetta, penumpang dari negara Singapura kebanyakan turun di Terminal Kedatangan 2D.