Usung Sistem Elektronik, Tiket Kereta Bandara Soetta Bakal Bebas Calo

Jakarta – PT Railink akan segera mengoperasikan api Bandara dalam waktu dekat. Untuk meningkatkan KA Bandara , Railink menciptakan Airport Railways Ticketing System (ARTS) yang berbasis online dan dapat diakses lewat Vending Machine, Internet , dan aplikasi mobile.

Stasiun Kereta Api Bandara - kontan.co.id

Stasiun Kereta Api Bandara – kontan.co.id

“ARTS ini merupakan sistem ticketing yang dikembangkan sendiri oleh PT Railink dan menjadi salah satu persembahan terbaik kami untuk masyarakat. Kami juga sampaikan rasa bangga dan terimakasih kepada semua pihak yang telah terlibat dalam mewujudkan ARTS ini,” kata Direktur Operasi dan Teknik Railink Porwanto Handry Nugroho, Sabtu (30/9), seperti dilansir Tribunnews.

PT Railink mulai memperkenalkan ARTS saat perayaan HUT perusahaan ke-11 pada (28/9) lalu di Stasiun Kereta Bandara Soetta, Tangerang, Banten. Lebih lanjut Porwanto menerangkan bahwa ARTS akan jadi sistem ticketing transportasi publik pada masa mendatang. Pasalnya sistem ini menawarkan sejumlah keunggulan mulai dari sistem yang dapat dilakukan secara non tunai (cashless), tanpa kartu (cardless), dan tanpa operator (manless).

Konsep cashless artinya tak perlu mengeluarkan uang tunai untuk membayar di seluruh channel resmi penjualan kereta api Bandara Soetta yang telah mengusung ARTS. Sedangkan cardless berarti ARTS tidak menyediakan kartu khusus untuk alat transaksi. “Jadi setiap penumpang dapat melakukan pembayaran dengan menggunakan kartu perbankan yang mereka miliki baik berupa kartu debet, kartu kredit, maupun prepaid,” tutur Porwanto.

Sementara itu konsep manless artinya ARTS tak lagi mempekerjakan operator yang akan melayani pembelian tiket lewat ticket counter. Calon penumpang bisa membeli tiket keret api Bandara Soetta lewat vending machine, internet booking, dan mobile aplikasi. Dengan teknologi ticketing terbaru ini calon penumpang kereta Bandara Soetta kelak akan bebas dari praktik calo.

Sejumlah bank yang bekerjasama dengan PT Railink untuk melayani pembayaran tiket kereta Bandara Soetta antara lain BCA, Bank Danamon, Bank DKI, Maybank, Bank Permata, dan Bank QNB. Railink juga bekerjasama dengan penyedia jaringan dan payment gateway seperti TCash dari Telkomsel, Doku, Midtrans, Artajasa, Finnet, dan Kartuku.