Usai Alami Perpindahan di Bandara Soekarno-Hatta, Lion Air Terminal Berapa?

Sebagai salah satu terbesar di Indonesia, memang memiliki luas yang lebih jika dibandingkan dengan lainnya yang ada di Tanah Air. Luasnya ini tak jarang membuat bingung calon yang ingin menempuh perjalanan dengan terbang. Salah satunya seperti mencari penerbangan di terminal-terminal yang ada di Soetta.

Lion Air - klikkabar.com

Lion Air – klikkabar.com

“Saya susah cari maskapai. Gak hafal maskapainya ada di terminal mana. Terlalu luas bandaranya itu jadi bikin ribet. Misalnya rambu-rambu di bandara kurang jelas. Kalau gak informasi ada di tiket gak akan tahu,” jelas Ahmad Ibo, salah seorang warga Jakarta, dilansir dari Kompas.

Selaku pengelola Bandara Soekarno-Hatta, PT Angkasa Pura II memiliki maskapai penerbangan di setiap terminal. Seperti penerbangan domestik Lion Air yang mengisi terminal 1 A dan terminal 1 B. Tak hanya untuk Lion Air, terminal 1 B ini juga diisi oleh maskapai penerbangan Sriwijaya Air dan Express Air.

Kemudian maskapai Batik Air, Trigana Air, Transnusa, Kalstar, dan Citilink Indonesia mengisi terminal 1 C. Sementara untuk terminal 2D dan 2E umumnya diisi oleh maskapai-maskapai tujuan internasional seperti All Nippon Airways, Asiana Airlines, Cebu Pasific, China Airlines, Thai Lion Air, Oman Air, Sriwijaya Air, dan beberapa maskapai lainnya.

Selain itu, terminal 2F diisi oleh maskapai-maskapai seperti Sriwijaya Air, NAM Air, dan Indonesia Air Asia tujuan domestik. Dan pilihan terminal 3 saat ini diisi oleh maskapai penerbangan Garuda Indonesia, baik untuk tujuan domestik maupun internasional.

Untuk maskapai penerbangan Lion Air sendiri baru mengisi terminal 1A dan 1B per Agustus 2016 lalu, berkaitan dengan beroperasinya terminal 3 jadi beberapa maskapai penerbangan mengalami perpindahan terminal. Bagi penumpang yang hendak bepergian dari dan menuju Pulau Jawa, Sulawesi, Kalimantan, Ambon, dan Papua, Lion Air melayani keberangkatan dan kedatangan di Terminal 1A. Sementara untuk penumpang yang akan melakukan perjalanan dari dan menuju Pulau Sumatera, Bali, dan Lombok bisa menuju ke Terminal 1B. Sedangkan untuk penerbangan internasional, Lion Air beroperasi di Terminal 2E.

Edward Sirait, Presiden Direktur Lion Air Group mengimbau agar penumpang menghubungi para petugas Lion Air yang ada di bandara atau menghubungi petugas via call center di 08041778899 dan (021) 63798000 apabila penumpang membutuhkan informasi lebih lanjut. “Dengan adanya perpindahan terminal ini, kami akan terus mengawasi dan melakukan perbaikan ke depannya demi kenyamanan penumpang kami yang hendak melakukan perjalanan udaranya bersama kami,” ujarnya melalui Liputan6.com.

Sekadar informasi, apabila keberadaan penumpang di Bandara Soekarno-Hatta hanya sebatas transit dari satu penerbangan ke yang lainnya di terminal yang berbeda, penumpang dapat menggunakan layanan shuttle bus gratis yang disediakan oleh pihak bandara. Layanan bus ini tersedia setiap 30 menit, dan melayani rute Terminal 1 ke Terminal 2 dan sebaliknya.

Kemudian, jika penerbangan yang membawa penumpang ke Jakarta dan penerbangan lanjutannya hanya berada di sub terminal yang berbeda, misalnya Solo – Jakarta di Terminal 1A dan Jakarta – Batam di Terminal 1B, perpindahan terminal ini dapat ditempuh dengan berjalan kaki, tanpa harus menggunakan bus.