Trik Menghindari Pencurian Bagasi di Bandara

Akhir-akhir ini, publik dihebohkan dengan aksi “tikus-tikus” yang mencuri di . Tak hanya di Soekarno-Hatta, hampir seluruh di tak luput dari aksi pencurian bagasi. Menurut data, tercatat ada sekitar 27 kasus pencurian bagasi sejak tahun 2014 hingga 2015.menghindari-pencurian-bagas

Karena itu, kewaspadaan dari pihak kepolisian dan pihak bandara semakin ditingkatkan untuk mengatasi aksi ini. Seperti misalnya di Bandara , Deliserdang, Sumatera Utara yang menggunakan sistem penanganan bagasi otomatis atau Baggage Handling System (BHS) yang diklaim mampu mengatasi aksi oknum tak bertanggung jawab, termasuk pencurian bagasi.

Namun sebagai penumpang, kita semestinya tidak bergantung pada pihak lain mengenai keamanan barang bawaan kita. Nah, berikut ini ada beberapa trik untuk menjaga barang bawaan aman dari aksi pencurian bagasi.

Hindari Membawa Banyak Barang

Dengan membawa barang yang tidak banyak, Anda dipastikan tidak membutuhkan bagasi. Barang bawaan Anda cukup dibawa dengan menggunakan tas atau koper kecil, sehingga bisa dibawa masuk ke pesawat dan diletakkan ke dalam kabin.

Jangan Biarkan Barang Bawaan Tanpa Penjagaan

Jika Anda harus membawa banyak barang, setibanya Anda di bandara, jangan biarkan apa pun mengalihkan perhatian Anda dari barang bawaan. Pasalnya, pencuri bagasi sering bekerja berpasangan, dengan salah seorang terlibat percakapan atau berusaha mengganggu konsentrasi Anda, sedangkan yang lain mencuri barang berharga Anda.

Gunakan Penerbangan Langsung

Sebisa mungkin, gunakanlah penerbangan langsung ke tempat tujuan atau direct flight. Teorinya, dengan semakin sering transit, apalagi berpindah penerbangan, maka semakin besar pula risiko bagasi Anda hilang karena sering berpindah tempat.

Gunakan Pengaman Tambahan

Ada beberapa pengamanan tambahan yang bisa digunakan di koper, mulai gembok hingga sabuk tambahan. Untuk versi yang lebih murah, Anda bisa menggunakan kabel atau strip plastik untuk keamanan tambahan. Keamanan bandara mungkin akan memutus tali ini jika mereka perlu untuk memeriksa bagasi. Tetapi jika tidak, cara ini akan mempersulit pencuri mengambil barang-barang Anda.

Bungkus Koper

Selain gembok, ada cara lain melindungi barang bawaan kita dari pencuri, yaitu dengan membungkus tas atau koper dengan plastic warp. Meski tidak menjamin tas atau koper terhindar dari pencuri, namun dengan dibungkus plastik, tas atau koper akan jadi lebih sulit dibuka.

Buatlah Catatan Perjalanan

Mulailah membuat daftar barang bawaan Anda saat hendak bepergian. Kalau perlu, abadikan barang bawaan Anda yang ada di dalam bagasi. Langkah ini cukup jitu dan memudahkan Anda untuk melakukan klaim jika ada barang bawaan Anda yang hilang atau rusak saat berada di bagasi.

Gunakan Asuransi Perjalanan

Masyarakat Indonesia umumnya tidak terlalu menganggap penting asuransi perjalanan. Padahal, dengan asuransi perjalanan, Anda bisa mendapat keuntungan, salah satunya memiliki kompensasi pengganti jika bagai hilang atau rusak.