Traveloka & Tiket.Com Sediakan Layanan Pembelian Tiket Pesawat Sekaligus Tes Covid-19

Jakarta – Agen perjalanan online Traveloka menjalin kerja sama dengan berbagai kesehatan untuk menghadirkan tes Covid-19 dalam platformnya. Adapun kesehatan yang digandeng meliputi Prodia, Klinik Pintar, dan Biotest. Dengan kehadiran tes Covid-19 ini diharapkan memudahkan para pengguna dalam memesan dan hotel melalui platform satu pintu.

Penumpang memakai masker di terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta - travel.kompas.com

Penumpang memakai masker di terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta – .kompas.com

Layanan tes Covid-19 meliputi layanan uji tes PCR (Polymerase Chain Reaction) dan Rapid Test. Para pengguna dapat mengakses layanan tersebut lewat Traveloka Xperience pada kategori produk Pelengkap Travel (Travel Essentials). Dengan jaringan kemitraan yang luas, layanan itu hadir untuk pengguna di 44 kota dan kabupaten di Indonesia melalui aplikasi, situs resmi, atau mobile web Traveloka secara bertahap mulai tanggal 10 Juni 2020.

“Inisiatif ini memberi kemudahan ekstra kepada para pengguna, di mana pemesanan tiket transportasi umum dan penjadwalan uji tes Covid-19 dapat dilakukan sekaligus menggunakan platform Traveloka,” ujar Andhini Putri, Head of Marketing, Transport Traveloka, seperti dilansir Kompas.

Inisiatif tersebut juga bentuk dukungan Traveloka terhadap upaya pemerintah untuk memperkuat protokol kesehatan. “Kami juga memberikan informasi seputar kelengkapan berkas dan dokumen perjalanan yang dibutuhkan melalui in-apps communication yang akan muncul ketika pengguna mengakses laman pencarian produk transportasi,” bebernya.

atau layanan tes Covid-19 secara bertahap disediakan mulai Rp280 ribu sampai Rp2,5 juta, tergantung dari pemeriksaan dan variasi tambahan layanan kesehatan yang dipilih pengguna.

Selain Traveloka, online travel agent (OTA) Tiket.com juga menyediakan layanan serupa. Bekerja sama dengan Halodoc, Tiket.com menyediakan fasilitas pembelian tiket pesawat sekaligus rapid test lewat channelnya. Namun fitur rapid test Covid-19 ini hanya tersedia pada rute dan jadwal yang sudah ditentukan. Apabila pilihan rute dan jadwal penumpang tiket tersedia, maka fitur add-on rapid test Covid-19 bisa dilihat secara otomatis.

Periode program dari Tiket.com ini berlaku sejak 1 Juni sampai 30 September 2020 dengan voucher rapid test Covid-19 berlaku hingga tanggal 30 September 2020. Namun perlu diingat bahwa rapid test Covid-19 ini tak berlaku untuk anak di bawah usia 6 tahun.