Resmi Beroperasi, Tol Cengkareng-Kunciran Alternatif Baru ke Bandara Soetta

JAKARTA – Jalan Cengkareng-Batu Ceper-Kunciran dan Serpong-Cinere Seksi I Serpong-Pamulang akhirnya resmi beroperasi mulai tanggal 1 April 2021 kemarin. Kedua jalan tersebut menjadi alternatif terbaru bagi masyarakat, terutama dari Tangerang, Tangerang Selatan, dan Jakarta Selatan yang hendak menuju .

Jalan Tol Cengkareng-Kunciran - rri.co.id

Jalan Tol Cengkareng-Kunciran – rri.co.id

“Pengoperasian jalan tol ini sangat dinantikan masyarakat, khususnya Tangerang dan Tangerang Selatan karena menjadi alternatif dan Jawa Barat dan Jakarta bagian selatan untuk menuju Bandara Soekarno-Hatta,” papar Presiden Indonesia, Joko Widodo, saat meresmikan jalan tol ini. “Kedua jalan tol itu akan melancarkan mobilitas masyarakat dan memecah kemacetan lalu lintas yang selama ini menumpuk di DKI Jakarta.”

Menurut keterangan Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Danang Parikesit, untuk sementara waktu, kedua jalan tol tersebut akan dibuka secara , sembari sosialisasi. Pengoperasian dua tol itu tanpa dikenakan akan berlaku selama dua minggu. Tol tersebut kemudian akan dikenakan setelah ada surat keputusan dari Menteri PUPR.

Seperti dikutip dari Kompas, konstruksi Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran terbagi menjadi 4 Seksi, yaitu Seksi I (Kunciran-Tirtayasa) sepanjang 2,04 kilometer dan Seksi II (Tirtayasa-Benteng Betawi) sepanjang 3,52 kilometer. Kemudian, Seksi III (Benteng Betawi-H Sastranegara) sepanjang 6,57 kilometer dan Seksi IV (H Sastranegara-SS Benda) sepanjang 2,06 kilometer.

Tol Cengkareng-Batu Ceper-Kunciran ini akan dilengkapi 5 Gerbang Tol (GT), yakni GT Kunciran, GT Tirtayasa, GT Buaran Indah, GT Tanah Tinggi, dan GT Husein Sastranegara. Selain itu, juga dilengkapi 3 Simpang Susun (SS) yaitu SS Kunciran, SS Belendung, dan SS Benda. Jalan tersebut nantinya juga akan tersambung dengan Jalan Tol Kunciran-Serpong yang sudah beroperasi dan diresmikan Presiden Jokowi sejak Desember 2019 lalu.

Sementara itu, Tol Serpong-Cinere sepanjang 10,1 kilometer terdiri atas 2 Seksi, yakni Seksi I Serpong-Pamulang sepanjang 6,5 kilometer yang sudah rampung, serta Seksi II Pamulang-Cinere sepanjang 3,6 kilometer dengan progres pengerjaan 86 persen. Pengusahaan ruas tol ini dilakukan oleh PT Cinere Serpong Jaya dengan biaya konstruksi Rp2,1 triliun. Sisa Seksi 2 Pamulang-Cinere akan tersambung ke Ruas Tol Cinere-Jagorawi (Cijago) dan Tol Depok-Antasari, sehingga menjadi jaringan yang terhubung.