Nilai Tertinggi, Toilet Bandara Soekarno-Hatta Raih Predikat Bintang Gold 4

JAKARTA – Sebagai pelabuhan udara yang terbesar dan diklaim terbaik di Indonesia, tidak mengherankan jika di dapat dikatakan premium, termasuk toilet pengunjung. Berdasarkan audit yang dilakukan oleh Asosiasi Toilet Indonesia (ATI) dan PT Angkasa Pura, toilet di tersebut mendapatkan Bintang 4 Gold alias penilaian paling tinggi.

Toilet Bandara Soekarno-Hatta - (www.republika.co.id)

Toilet Bandara Soekarno-Hatta – (www.republika.co.id)

Dijelaskan Direktur Komersial dan Pelayanan PT Angkasa Pura II, M. Rizal Pahlevi, audit toilet yang dilakukan oleh ATI mencakup lima aspek, yaitu serta environment, management system, cleanliness, amenities and facility, safety atau cleaning services, dan user appreciation. Rizal menilai, hasil audit sangat berharga bagi perseroan untuk selalu menjaga dan meningkatkan standar di setiap aspek.

“Audit oleh lembaga independen secara obyektif membantu PT Angkasa Pura II mengukur keandalan fasilitas umum di bandara,” ujar Rizal, dikutip dari Republika. “Lembaga independen yang berkompeten dapat menilai fasilitas umum di bandara, dan hasil audit menjadi dasar bagi PT Angkasa Pura II melakukan evaluasi untuk secara berkelanjutan meningkatkan pelayanan kepada traveler.”

Penilaian Bintang 4 Gold yang diterima toilet Bandara Soekarno-Hatta mencerminkan fasilitas pada semua area toilet, nursery dan janitor sudah lengkap dan berfungsi baik, perlengkapan (amenities) bagi pengguna sesuai standar, kebersihan yang baik pada semua area, petugas sesuai grooming dan memahami tugas serta penggunaan alat, toilet memiliki estetika desain yang baik, toilet memiliki fasilitas ramah lingkungan, dan pengguna menyampaikan kepuasan tinggi dalam menggunakan toilet.

“Hasil audit di bandara-bandara lain rata-rata mendapat Bintang 3 Gold dan Bintang 4 Silver,” sambung Rizal. “Toilet di Terminal 3 menjadi peringkat tertinggi sehingga akan dijadikan rujukan bagi bandara-bandara lain untuk peningkatan layanan, sehingga dapat memberikan yang terbaik dalam hal fasilitas sanitasi bagi traveler.”

Sementara itu, Ketua ATI, Naning Adiwoso, mengatakan bahwa kondisi toilet di bandara-bandara PT Angkasa Pura Ii secara keseluruhan cukup baik dan petugas sudah memahami apa saja tugas mereka. Menurut dia, toilet merupakan salah satu area penting yang harus diperhatikan dalam hal kebersihan, terutama di era pasca-pandemi, sehingga konsistensi dalam hal membersihkan toilet harus dipertahankan.