TOD Bandara Soekarno-Hatta Beroperasi 1 Maret 2018, Ini Tarifnya

Jakarta – Kawasan transit terpadu atau transit oriented development (TOD) di Pintu M1 , Tangerang, Banten telah selesai dibangun. PT Angkasa Pura (AP) II selaku pengelola Soetta menargetkan gedung yang berfungsi sebagai akses utama ke Soetta dari Tangerang tersebut mulai beroperasi tanggal 1 Maret 2018 mendatang.

Erwin Revianto, Senior Manager of Branch Communication and Legal Soekarno-Hatta Airport - www.rri.co.id

Erwin Revianto, Senior Manager of Branch Communication and Legal Soekarno-Hatta Airport – www.rri.co.id

Menjelang pengoperasiannya, PT AP II terlebih dahulu melakukan uji coba pada Jumat (16/2) kemarin. Keberadaan TOD berguna untuk memaksimalkan akses terhadap transportasi publik yang menunjang transfer dengan shuttle bus gratis ke Bandara Soetta.

“Shuttle bus tersebut akan beroperasi mulai pukul 04.30-24.00, selama masa uji coba mulai 16 Februari 2018. Selama masa uji coba tersebut, akan diberlakukan parkir gratis hingga 28 Februari 2018,” ungkap Senior Manager of Branch Communication and Legal Soekarno-Hatta Airport Erwin Revianto, Jumat (16/2), seperti dilansir Tribunnews.

Seperti diketahui, sejak 7 Oktober 2014 lalu Pintu M1 Bandara Soetta telah ditutup karena terkena dampak dari proyek pembangunan rel kereta bandara. “Kami mempersiapkan gedung TOD yang nantinya dipergunakan sebagai lokasi transit bagi karyawan yang bekerja di lingkungan bandara, serta masyarakat Tangerang yang akan ke Bandara Soekarno-Hatta maupun sebaliknya,” sambung Erwin.

Pada tahap awal pengoperasiannya, gedung TOD mampu menampung kapasitas parkir roda empat seluas 5.054 meter persegi, yang bisa memuat sekitar 177 kendaraan. Sementara itu area parkir roda dua memiliki luas sebesar 1.323 meter persegi dan sanggup menampung 415 unit kendaraan roda dua. “Tentunya untuk area parkir akan kami perluas lagi pada tahap selanjutnya,” jelas Erwin.

Setelah beroperasinya TOD, para pengguna jasa Bandara Soetta bisa memarkir kendaraannya di area tersebut. “Tarif yang dikenakan untuk pengendara sepeda motor Rp 5.000 per hari. Sedangkan untuk mobil Rp 10.000 per hari,” kata Erwin.

Selain dapat digunakan untuk memarkir kendaraan, para pengguna jasa Bandara Soetta juga dapat menikmati fasilitas lainnya yang disediakan seperti moda transportasi shuttle bus yang siap mengantar ke terminal-terminal tujuan. “Ada 8 unit bus disediakan. Itu gratis, melayani pengguna jasa Bandara setiap 4 atau 5 menit sekali,” pungkasnya.