Tips Pemesanan Tiket Pesawat – Mudik Lebaran Aman & Nyaman

Idul Fitri hanya tinggal beberapa minggu lagi. Bagi Anda yang merencanakan untuk , pastinya sudah harus bersiap sejak jauh hari. Jika tidak menggunakan kendaraan pribadi, salah satu hal terpenting yang harus dipersiapkan adalah pembelian angkutan umum, entah itu menggunakan jalur darat, laut, atau udara. Membeli jauh-jauh hari akan menghindarkan Anda dari pengalaman tidak mengenakkan akibat berdesak-desakan membeli di loket, atau beresiko kehabisan . Selain itu, peluang Anda untuk mendapatkan dengan harga yang lebih terjangkau juga lebih besar, karena umumnya harga akan meroket jelang . Fasilitas tiket online pun sebenarnya sangat membantu, sehingga Anda bisa mulai mempersiapkan rutinitas mudik Anda dengan lebih terkendali.Early Flight

Berikut ini adalah beberapa mudik nyaman bagi Anda yang masih awam dan baru pertama kali melakukan pemesanan tiket via online,

Lakukan tiket jauh hari

Sudah menjadi rahasia umum bahwa harga tiket angkutan umum lebih cepat terjual habis menjelang musim mudik lebaran Idul Fitri dan masa panjang. Oleh karena itu, disarankan untuk berburu tiket paling tidak 2 bulan sebelum tanggal keberangkatan yang direncanakan. Kalaupun sudah terlewat, Anda bisa mulai berburu dengan maksimal sejak sekarang. Hal ini perlu Anda lakukan untuk mengantisipasi ketersediaan tiket ataupun harga tiket yang melambung tinggi.

minimal 2 bulan sebelum keberangkatan

Pilih Hari Keberangkatan di luar H-3 hingga H+7

High season arus mudik dan arus balik lebaran terjadi sejak H-3 hingga H+7. Waktu-waktu di luar hari tersebut memungkinkan Anda dapat lebih leluasa memilih tiket.

Manfaatkan masakapai full service

Pada musim mudik, bisa ditebak tiket pesawat yang pertama kali diburu adalah tiket dari maskapai LCC (Low Cost Carrier) yang identic dengan harga . Sepinya peminat penerbangan full service biasanya membuat beberapa maskapai first class seperti Garuda Indonesia menggelar harga tiket promo yang tak jarang harganya bisa jadi sama atau bahkan lebih murah dari maskapai LCC. Momen seperti ini jarang diketahui oleh mayoritas pengguna jasa angkutan umum dan dapat Anda manfaatkan.

Cari Jam Penerbangan Tengah Malam atau Subuh

Harga tiket untuk penerbangan tengah malam atau subuh umumnya lebih murah daripada harga tiket pesawat yang berangkat pada jam-jam sibuk. Selain itu, peminatnya juga cenderung lebih sedikit.

Mencoba Rute Alternatif

Umumnya, rute-rute yang cukup populer akan mengalami lonjakan harga tiket pada musim mudik lebaran. Untuk mengantisipasinya, Anda dapat mencari rute alternatif yang tidak terlalu padat, namun tetap berdekatan dengan bandara keberangkatan atau tujuan Anda. Ide alternatif ini juga dapat Anda gunakan ketika Anda sedang kehabisan tiket.