Tips dan Cara Pemesanan Tiket Pesawat untuk keperluan Mudik Lebaran

tahun ini kurang beberapa bulan lagi, kebanyakan dari Anda pasti sudah berancang-ancang memesan tiket untuk keperluan ke kampung halaman. Keperluan yang disiapkan jauh-jauh hari akan membuat Anda lebih santai saat mendekati hari H keberangkatan. Selain tidak perlu berdesak-desakan membeli tiket, peluang Anda untuk mendapatkan tiket dengan promo yang lebih juga lebih besar. Berbeda kondisinya ketika Anda mencari tiket di waktu yang mepet, peluang untuk mendapatkan tiket akan semakin susah dan kalaupun ada harganya selangit.Bandara Penuh Mudik Lebaran

Bagi Anda yang baru pertama kali melakukan pemesanan tiket untuk mudik lebaran secara online dan belum berpengalaman, berikut kami sajikan beberapa untuk mendapatkan tiket mudik dengan harga yang bersahabat,

Lakukan Booking tiket pesawat minimal 2 bulan sebelum keberangkatan

Sudah bukan rahasia lagi jika tiket angkutan umum seperti kereta api maupun pesawat terbang biasanya habis terjual menjelang musim seperti , , dan mudik lebaran Idul fitri. Oleh karena itu, sebaiknya Anda sudah mulai mencari-cari tiket 2 bulan sebelumnya. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi ketersediaan tiket dan harga tiket yang melambung saat hari libur, terutama mendekati hari lebaran.

Pilih Hari lain di luar H-3 hingga H+7

Jika Anda tidak terikat pada waktu, maka Anda dapat melakukan booking tiket untuk penerbangan di luar hari arus mudik dan arus balik lebaran. Saat low season, dimana permintaan akan tiket pesawat sedang rendah, berbagai maskapai berlomba-lomba memberikan tiket promo dengan harga murah untuk menarik minat pelanggan.

Cobalah melirik maskapai full service

Saat high season pada musin-musim mudik, biasanya perhatian orang-rang akan tertuju pada maskapai LCC (Low Cost Carrier). Pada saat itu akan terjadi fenomena kebalikan dimana harga tiket maskapai LCC sekelas Lion Air yang biasanya lebih murah justru bisa melampaui harga maskapai full service sekelas Garuda Indonesia.

Cobalah Rute penerbangan alternatif

Rute-rute populer akan mengalami lonjakan harga tiket saat musim lebaran. Untuk mengantisipasi hal ini, Anda dapat memutar otak dengan mencari rute alternatif yang kurang populer, namun tetap berdekatan dengan tujuan awal Anda. Ide ini juga bisa Anda manfaatkan ketika Anda kehabisa tiket.

Bagi Anda yang baru pertama kali melakukan bookin tiket online, berikut kami berikan langkah-langkahnya :

  1. Masuk ke maskapai yang dituju
  2. pilih “booking”
  3. isikan data yang dibutuhkan sesuai dengan data milik Anda, misal jumlah seat, dewasa, anak, tanggal keberangkatan, tujuan dan lainnya.
  4. Lanjutkan dengan pembayaran secara online sesuai petunjuk yang tertera di website.

Sebagai catatan, hampir tiap menit harga tiket terus berubah dikarenakan ada pelanggan yang tidak melakukan pembayaran hingga batas waktu habis, sehingga booking tiket dianggap hangus. Untuk itu, Anda harus sering memantau ketersediaan kursi dan harga tiket.