Tinjau Bandara Soetta, Menhub Pastikan Penerbangan Haji 2017 Lancar

Jakarta (Menhub) Budi Karya Sumadi melakukan kunjungan ke untuk meninjau pelaksanaan embarkasi haji pada Kamis (3/8) kemarin. Budi juga memberikan apresiasi pada berbagai pihak atas kelancaran angkutan haji tahun 2017.

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi - ekonomi.kompas.com

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi – ekonomi.kompas.com

“Saya datang kemari ingin memastikan bahwasanya angkutan haji itu berjalan dengan baik. Alhamdulillah dari laporan yang disampaikan oleh Garuda, saat saya berkoordinasi dengan Saudi, dari Airnav, dari AP II, itu semua berjalan baik,” kata Budi di Bandara Soetta, Tangerang, Banten, Kamis (3/8), seperti dilansir Detik.

Lebih lanjut Budi menuturkan bahwa perpindahan haji dari Bandara Halim Perdanakusuma ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta adalah pilihan yang tepat. Budi juga menegaskan jika dari Bandara Soetta relatif lebih aman dan tak ada hal yang perlu dikhawatirkan.

“Jadi AP II sudah menetapkan bahwasanya total load maksimal itu kurang-lebih 326 (). Tadi saya lihat Garuda itu maksimal 295. Jadi itu aman sekali. Artinya, untuk landasan ini akan aman,” tutur Budi.

Pada kunjungannya tersebut, Budi sempat memasuki Boeing 777 dan sempat bertemu dengan para calon jemaah haji dari Garut, Jawa Barat. Selanjutnya, Budi juga meninjau Boeing 777 dari Saudi Arabian Airlines yang mengangkut jemaah haji. Budi berpesan pada pihak PT Angkasa Pura (AP) II untuk terus meningkatkan level of service (pelayanan).

“Saya minta kepada AP II untuk memberikan servis yang baik. Tapi untuk load itu saya minta AP II untuk melakukan pengawasan yang baik dan minta Garuda juga menaati dengan baik,” jelasnya.

Budi juga turut mengapresiasi pramugari maskapai Saudi Arabian Airlines yang seluruhnya berasal dari Indonesia. Budi beranggapan bahwa hal tersebut adalah sesuatu yang istimewa. “Saya juga berpesan kepada pramugari agar mereka melakukan pelayanan yang baik. Karena ada teman-teman yang dari Garut mungkin pertama kali naik pesawat, jadi harus diberikan satu pengertian yang baik,” ungkapnya.

Budi pun memastikan bahwa penggunaan pesawat Boeing 777 juga sangat membantu lantaran mempunyai berbagai kelebihan untuk mengangkut jemaah haji. “Boeing 777 mempunyai keunggulan. Dia bisa terbang direct. Sekali angkut bisa sampai 400 penumpang. Kita menghargai, untuk memberikan service yang baik,” tandas Budi.