Tingkatkan Turis Asing, Bandara Soekarno-Hatta Siap Jadi Hub Internasional

TANGERANG – Untuk mendatangkan lebih banyak turis asing, siap menjadi hub internasional yang melayani langsung untuk tujuan ke luar negeri. Karena itu, bandara yang berlokasi di kawasan Cengkareng, Tangerang tersebut terus berbenah, termasuk membangun landasan pacu (runway) 3 serta 4.

Budi Karya Sumadi, Menteri Perhubungan - pontianak.tribunnews.com

Budi Karya Sumadi, Menteri Perhubungan – pontianak.tribunnews.com

“Bandara Soekarno-Hatta telah siap untuk menjadi bandara hub internasional karena kami lebih ingin mendorong maskapai dalam negeri yang membuka rute internasional untuk menggaet turis mancanegara,” papar Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi. “Bandara Soekarno-Hatta terus dibangun agar kapasitasnya lebih optimal, seperti runway 3 serta rencana Terminal 4.”

Budi menambahkan, selain itu, maskapai nasional terus berupaya untuk menambah rute penerbangan ke luar negeri. Garuda Indonesia misalnya, yang pada tahun ini berencana menambah rute internasional ke Turki, Rusia, dan Korea Selatan. “Strategi tersebut lebih baik untuk industri penerbangan nasional dibandingkan harus mengandalkan penerbangan internasional yang datang ke Indonesia dengan menjadikan bandara tetangga seperti Singapura, Malaysia, dan Thailand sebagai tourism hub,” sambung Budi.

Menurut data terbaru dari Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah turis asing yang berkunjung ke Indonesia memang mengalami peningkatan sebesar 5,9 persen di bulan Maret 2019, yang mencapai angkat 1,34 juta kunjungan. Namun, kenaikan tersebut hanya terjadi secara bulanan, sedangkan year on year justru turun sebesar 1,82 persen.

“Per Maret 2019, turis asing yang paling banyak berkunjung ke Indonesia berasal dari Malaysia dengan 21,02 persen, disusul Singapura sebesar 13,47 persen, China sebesar 12,47 persen, Timor Leste sebesar 7,41 persen, dan Australia sebesar 6,98 persen,” papar Kepala BPS, Suhariyanto. “Namun, wisatawan asing yang datang lewat pintu udara pada bulan ini mengalami penurunan 9,44 persen dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya.”

Selain Bandara Soekarno-Hatta, Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai di Denpasar juga tengah disiapkan menjadi hub internasional Indonesia. Ini mengingat bahwa Pulau Bali masih menjadi salah satu pariwisata unggulan Tanah Air, dengan angka kunjungan turis asing yang cukup tinggi, terutama ketika memasuki musim liburan.