Ternyata Masih Banyak Penumpang Takut Pakai Layanan Self Check-in di Bandara Soetta

Jakarta self check in atau check in mandiri yang ada di rupanya masih perlu disosialisasikan lebih luas. Pasalnya, menurut President Director Lion Air Group, Edward Sirait, selama ini masih banyak masyarakat yang enggan memanfaatkan self check in lantaran masih was-was.

Presiden Direktur Lion Air Group, Edward Sirait - bangka.tribunnews.com

Presiden Direktur Lion Air Group, Edward Sirait – bangka.tribunnews.com

Lebih lanjut Edward menuturkan jika kini pihaknya tengah berupaya untuk bekerjasama dengan pihak bandara untuk mengembangkan layanan self check in maskapai Lion Air. Batik Air yang berada dalam naungan Lion Air Group sendiri telah lebih dahulu menyediakan itu sejak bulan November 2017 lalu. Walau demikian, penggunaan self check in masih belum maksimal lantaran masyarakat belum sepenuhnya teredukasi.

“Tapi problemnya itu kurang sosialisasi ke masyarakat, masih takut-takut untuk pakai (self check in), masih belum memahami aturannya, jadi belum bermanfaat,” kata Edward di Jakarta, Jumat (16/3), seperti dilansir Kompas.

Pihak Lion Air pun mengharapkan agar masyarakat terutama para pengguna bisa lebih diedukasi terkait penggunaan fasilitas self check in yang tepat di bandara. Menurut Edward, seluruh layanan tersebut sudah tercantum secara jelas aturan yang dapat dibaca oleh penumpang, sehingga bisa bermanfaat, menghemat waktu, serta meningkatkan kenyamanan.

“Banyaknya tak tahu kalau itu ada limit waktunya. Memang lama batasan self check in, tapi setelah check in jangan pergi-pergi lagi,” jelasnya. Adapun batasan self check in untuk pesawat Batik Air di Terminal 1C Bandara Soetta adalah 2 jam sebelum jadwal keberangkatan.

Penggunaan layanan self check in pun sebenarnya relatif mudah, karena di self check in kiosk sudah ada petugas yang bersiaga untuk membimbing penumpang. Para penumpang tinggal memilih maskapai yang dimaksud (Batik Air atau Citilink), kemudian pilih bahasa, pilih tombol check in, dan penumpang tinggal memasukkan nama belakang. Lalu masukkan kode booking sampai nama penumpang muncul, dan terakhir tekan tombol cetak atau print.

Sementara itu, maskapai Lion Air kabarnya akan segera menyediakan fasilitas self check in yang ditargetkan bisa segera digunakan di Bandara Soetta dan disinergikan dengan layanan online check in yang telah ada. Sedangkan di Bandara Juanda Surabaya, layanan serupa masih sedang dalam proses pengembangan.