Terminal Lion Air Bandara Soekarno Hatta

Pemisahan terminal di Soekarno Hatta telah menjadi contoh bagi -bandara lainnya di Indonesia.

Pemisahan terminal bandara menjadi dua jenis, yakni dan internasional sangat berpengaruh pada efisiensi mekanisme penerbangan utamanya untuk calon penumpang dan juga untuk kinerja awak bandara.lion-air-bandara-soekarno-h

Dengan pemisahan terminal menjadi terminal internasional dan terminal domestik yang masing-masing berisi terminal kedatangan dan keberangkatan, para calon penumpang menjadi lebih terarah sehingga potensi kesalahan check in dan penerbangan dapat terhindarkan.

Di Bandara Soekarno Hatta, terdapat 3 terminal yang masing—masing beroperasi untuk terminal domestik, terminal internasional, dan terminal domestik plus internasional khusus untuk maskapai tertentu.

adalah salah satu maskapai dengan volume penumpang yang cukup tinggi di Indonesia. Maskapai penerbangan yang berasal dari Singapura ini melayani berbagai macam rute baik domestik maupun internasional. Rute domestik yang dilayani oleh yaitu Jakarta, Padang, Bali, Surabaya, Makassar, Banjarmasin, Medan, Bandung, Yogyakarta, dan lain sebagainya. Sementara rute Internasional yang dilayani oleh adalah Singapura, Malaysia, Vietnam, Arab Saudi, China, dan Hongkong.

Terminal Lion Air di Bandara Soekarno Hatta terletak di lima lokasi, yaitu:

  1. Terminal 1A: untuk penerbangan Lion Air Domestik (kecuali Sumatera)
  2. Terminal 1B: untuk penerbangan Lion Air Domestik (khusus ke kota-kota di Sumatera)
  3. Terminal 1C: untuk penerbangan Lion Air Domestik
  4. Terminal 2E: untuk penerbangan Lion Air Internasional
  5. Terminal 3: untuk penerbangan Lion Air Domestik (khusus ke Semarang, Solo, Yogyakarta, dan Lombok)

Dengan adanya klasifikasi ini, diharapkan para penumpang setia Lion Air dapat secara efektif melakukan penerbangan tanpa kerancuan dan kebingungan pada saat proses check ini dan menjelang penerbangan.

Pihak Bandara Internasional Soekarno Hatta terus menerus meningkatkan kualitas pelayanan untuk para calon penumpang maskapai-maskapai melalui Bandara Soekarno Hatta baik penumpang domestik maupun internasional yang tersebar 3 terminal dengan total sub terminal berjumlah 7 terminal.

Secara lengkap, terminal-terminal tersebut adalah:

– Terminal 1A: Lion Air (Tujuan Domestik/kecuali sumatra), Wing Air.

– Terminal 1B: Lion Air (Khusus tujuan kota-kota di Sumatra), Sriwijaya Air dan Express Air.

– Terminal 1C: Lion Air (Tujuan Domestik),Batik Air, Citilink, Trigana Air, Kalstar.

  • Terminal 2 (Internasional)

– Terminal 2D: Lion Air (Internasional), Air China, All Nippon Airways, , Cathay Pacific, Cebu Facific, China Airlines, China Southern Airways, Emirates,Eva Air, Japan Airlines, Jetstar, Kuwait Airlines, Lufthansa, Malaysia Airlines, Philippine Airlines, Qantas, Qatar Airways, Saudi Arabian Airlines, Singapore Airlines, Thai Airways Internasional, Tiger Airways, Turkish Airlines, Yemenia, Valuair.

– Terminal 2E: Garuda Indonesia (Internasional Flight), Etihad, KLM Royal Dutch Airlines, Korean Air, Lion Air (Internasional Flight), Royal Brunei.

– Terminal 2F: Garuda Indonesia (Domestic Flight).

  • Terminal 3 (Domestik dan Internasional)

Terminal 3 Soekarno Hatta digunakan untuk penerbangan domestik dan internasional Air Asia, Lion Air (Semarang, Solo, Yogyakarta, Lombok).