Terminal 4 Bandara Soekarno-Hatta Dibangun 2022 Mendatang

JAKARTA – Rencana Internasional memang telah mengemuka sejak lama. Kabar terbaru menyebutkan bahwa PT akan memulai proyek tersebut pada tahun 2022 mendatang, atau empat tahun dari sekarang. Nantinya, anyar ini akan dibangun di atas lahan yang kini ditempati Soewarna Golf, dengan luasan yang hampir sama dengan 3 saat ini, yakni 400 meter persegi.

Suasana Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten – kompas.com

“Di tahun 2022, kami akan membangun Terminal 4 Bandara Soekarno-Hatta dan sekarang perencanaannya sedang kami metangkan,” jelas Direktur Utama PT Angkasa Pura Kargo, Denny Fikri, dikutip Kumparan. “Pembangunan Terminal 4 Bandara Soekarno-Hatta dilakukan tahun 2022 karena membutuhkan waktu yang cukup lama, di sisi lain peningkatan bandara perlu dilakukan dengan segera.”

Akhirnya, Denny melanjutkan, memilih untuk melakukan revitalisasi Terminal 1 dan Terminal 2 terlebih dahulu. Dengan revitalisasi tersebut, kapasitas penumpang bisa naik dari 9 juta menjadi 18 juta. “Kami mulai tahun ini melakukan revitalisasi Terminal 1 dan 2. Terminal yang ada sekarang kami bongkar, kapasitasnya kami tingkatkan dan nanti berlanjut ke Terminal 3,” sambung Denny.

Meski pengerjaan proyek Terminal 4 Bandara Soekarno-Hatta masih cukup lama, namun peluang sudah diintip oleh beberapa pengembang properti. Dengan adanya terminal baru ini, tentunya kapasitas penumpang bandara akan semakin meningkat dan pastinya diikuti dengan peningkatan kebutuhan hunian, termasuk long, medium, maupun short stay di area sekitarnya.

Menangkap peluang tersebut, salah satu developer, PT Pancakarya Griyatama, telah mengambil start dengan mengembangkan Skandinavia Alter Ego yang berjarak sekitar 13 km dari Bandara Soekarno-Hatta. Hunian vertikal ini terletak di dalam kawasan superblock yang terintegrasi dengan mal, business park, dan hotel.