Terminal 3 Ultimate di Bandara Soetta segera Dioperasikan di Pertengahan 2016

Tangerang Ultimate di Soekarno Hatta tahap 1 telah hampir selesai. PT Angkasa Pura II sebagai pengelola Soetta menargetkan terminal tersebut sudah bisa digunakan mulai Mei 2016 mendatang dikarenakan pembangunannya kini sudah mencapai 95% jadi.pembangunan-terminal-3-ulti

PT (Persero) Tbk akan menjadi perusahaan pertama yang mencicipi Terminal 3 Ultimate. Beberapa penerbangan asing seperti ANA Airlines, Korean Airlines, dan Saudi Arabia Airlines rencananya baru akan masuk di terminal yang sama setelah pembangunan tahap II rampung dikerjakan.

“Nanti setelah tahap II selesai, baru seluruh penerbangan internasional masuk,” ujar Dirut PT AP II Budi Karya Sumadi (22/1).

Untuk keseluruhan pembangunan Terminal 3 Ultimate hingga tahap II diperkirakan selesai pada tahun 2017. AP II pun menargetkan pendapatan tahun 2016 ini sebesar Rp 7,5 Triliun dengan Rp 500 Milyar diantaranya disumbang oleh Terminal 3.

“Nanti seluruhnya jadi di tahun 2017,” lanjut Budi.

Sementara itu, Garuda Indonesia yang bakal menempati terminal 3 ultimate dalam waktu dekat, menyatakan akan memindahkan penerbangan secara bertahap. Penerbangan tersebut terdiri dari rute domestik (sebelumnya di terminal 2F) maupun internasional yang jumlahnya mencapai 200 penerbangan per hari.

“Perpindahan akan bertahap, karena kapasitasnya tidak akan mencukupi jika langsung pindah semua,” kata Direktur Operasional PT Garuda Indonesia Tbk, Novianto Herupratomo (19/1).

Pembangunan Terminal 3 Ultimate ini sendiri bertujuan untuk mengatasi masalah kelebihan kapasitas penumpang di Bandara Soekarno Hatta. Kapasitas maksimal Bandara Soekarno Hatta yang semula hanya sebesar 22 juta orang per tahun bisa ditingkatkan menjadi 25 juta penumpang per tahun dengan Beroperasinya Terminal 3 Ultimate. Pembangunan Terminal seluas 370.000 m2 ini dikabarkan menelan dana hingga Rp 5 triliun.