Terminal 3 Internasional Bandara Soetta Terapkan Tarif PJP2U Rp 200 Ribu

Jakarta – Usai melalui proses evaluasi oleh Kementerian Perhubungan, pelayanan jasa penumpang pesawat udara (PJP2U) di Ultimate Soekarno-Hatta resmi ditarik sebesar Rp 200.000 per penumpang. Mulanya tarif PJP2U atau passenger service charge () yang diajukan oleh PT Angkasa Pura (AP) II adalah Rp 250.000.

Dewandono Prasetyo Nugroho - www.tribunnews.com

Dewandono Prasetyo Nugroho – www.tribunnews.com

“PSC-nya sebesar Rp 200 ribu. Kemungkinan baru akan diberlakukan setelah Terminal 3 Internasional ini beroperasi penuh. Sedangkan, PSC untuk penumpang internasional di Terminal 2 yang berlaku saat ini adalah Rp 150 ribu,” ungkap Dewandono Prasetyo Nugroho, Branch Communication Manager PT AP II Bandara di Jakarta, Jumat (28/4).

Ketika maskapai mengoperasikan internasional perdana di T3 pada tanggal 1 Mei 2017 depan PSC yang diterapkan masih sama seperti tarif jasa penumpang internasional di Terminal 2. Sementara itu PSC domestik di Terminal 3 dipatok Rp 130.000 per orang.

Lebih lanjut Pras menjelaskan bahwa pengalihan operasional penerbangan internasional ke Terminal 3 Internasional ke depannya akan dilakukan secara bertahap. Untuk permulaan, seluruh penerbangan internasional Garuda Indonesia dialihkan ke Terminal 3 mulai 1 Mei 2017.

“Tahap kedua, penerbangan internasional maskapai-maskapai anggota Skyteam yang dapat giliran dipindahkan ke Terminal 3 Internasional pada Juni 2017. Terakhir, seluruh penerbangan internasional yang masih beroperasi di Terminal 2 bakal dialihkan ke Terminal 3 Internasional pada Juli 2017,” kata Pras.

Ditemui secara terpisah, VP Corporate Communications Garuda Indonesia, Benny S. Butarbutar menuturkan jika pihaknya sudah melakukan berbagai simulasi dengan stakeholder untuk melayani penerbangan internasional di Terminal 3 Bandara Soetta mulai 1 Mei 2017.

“Persiapan perpindahan layanan penerbangan internasional Garuda Indonesia di Terminal 3 sudah dilaksanakan sejak November 2016 yang dimulai dengan persiapan baggage handling system (BHS), hingga penanganan aircraft parking stand pada Februari 2017,” jelasnya.

Untuk menangani para penumpang yang bingung atau tersesat, pihak maskapai Garuda Indonesia juga telah menyiapkan 50 personel untuk mengarahkan para penumpang di Terminal 3 Soetta. Khusus penjemputan di T3, PT AP II mengimbau masyarakat untuk menjemput di area parkir Terminal 3 yang telah disiapkan.

“Penjemputan di Terminal 3 bisa dilakukan di Lobby Lantai 3 Gedung Parkir. Bisa juga melakukan penjemputan di lantai 1 Gedung Parkir yang tersambung dengan lantai 1 gedung Terminal 3. Sehingga bisa difokuskan untuk kendaraan umum seperti bus dan taksi,” tandasnya. Para penjemput juga dapat memarkir kendaraan di gedung parkir A yang berlokasi di sebelah kanan sisi gedung terminal internasional.