Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta Sediakan Taksi Listrik Blue Bird

Jakarta – PT Angkasa Pura (AP) II menjalin kerja sama dengan Blue Bird untuk menyediakan moda listrik Blue Bird dan Silver Bird di , Tangerang, Banten.

Taksi Listrik di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta - bisnis.tempo.co

Taksi Listrik di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta – bisnis.tempo.co

“Kerja sama antara AP II dan Blue Bird dalam menghadirkan taksi listrik ini diharapkan dapat menjadi stimulus agar konsep eco airport dapat menyentuh lebih luas lagi ke sektor lainnya di Bandara Soekarno-Hatta,” kata Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin, Kamis (30/5), seperti dilansir Tempo.

Lebih lanjut Awaluddin memaparkan bahwa dengan dioperasikannya taksi listrik Blue Bird ini semakin menegaskan konsep eco airport di Terminal 3 Bandara Soetta. Adanya taksi listrik Blue Bird disebut-sebut dapat membuat Terminal 3 lebih dikenal sebagai eco airport serta juga mampu meningkatkan daya saing dan citra Bandara Soetta. “Kami yakin taksi listrik ini juga membuat standar pelayanan bandara meningkat ke level yang lebih tinggi khususnya di sektor transportasi publik,” ucapnya.

“Kami sangat bangga dapat bersama-sama dengan Angkasa Pura II untuk memperkenalkan kendaraan listrik Bluebird kepada khalayak publik serta menawarkan sebuah pengalaman yang unik dalam bepergian dengan kendaraan listrik,” sambung Direktur Utama Blue Bird, Noni Purnomo.

Noni mengungkapkan bahwa kerja sama ini bisa terealisasi berkat adanya kesamaan visi antara kedua perusahaan dalam mendukung kelestarian lingkungan yang diawali dari langkah kecil. “Kami berharap dengan adanya armada taksi listrik kami di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta dapat menjadi dukungan dari Bluebird terhadap implementasi yang dilakukan oleh Angkasa Pura II dalam menjadikan Bandara Internasional Soekarno-Hatta sebagai Eco Airport,” beber Noni.

Sementara itu, Terminal 3 Bandara Soetta kini sudah mengimplementasikan Intelligence Building Management System, di mana teknologi tersebut menjaga supaya Terminal 3 bisa beroperasi sebagai eco airport dengan mengatur pengeluaran air, penggunaan listrik, dan lain-lain. Sistem lain yang diterapkan adalah rain water system, yakni sebuah sistem yang dapat memanfaatkan air hujan untuk digunakan sebagai air bersih. Yang lebih menarik lagi, Terminal 3 pun mempunyai teknologi recycle water system yang dapat mengolah air toilet untuk kembali menjadi air toilet agar bisa menghemat penggunaan air.