Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta Resmi Operasikan Command Center

command-center

TANGERANG – Senin (6/3) ini, PT II meresmikan penggunaan ruang pusat pemantauan aktivitas di 3 Internasional Soekarno-Hatta. Pusat kendali Apron Movement Control (AMC) atau command center ini dimaksudkan untuk menunjang efisiensi dan efektivitas operasional maupun maskapai.

AMC akan menggunakan fasilitas pusat kendali ini untuk menunjang kelancaran pergerakan pesawat serta lalu lintas kendaraan dan orang di sisi udara. Ruang tersebut merupakan sentralisasi pengendalian dan operasional bagi personel AMC yang dilengkapi dengan monitor guna memantau seluruh sudut apron dan peralatan yang mendukung pemantauan.

“Ruang yang tersentralisasi ini akan semakin memudahkan para personel AMC untuk berkoordinasi guna menjalankan tugas-tugasnya, seperti memastikan keamanan di apron, mengatur, serta memantau pergerakan pesawat, dan sebagainya,” jelas Presiden Direktur PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin. “Fasilitas ini diharapkan dapat membuat bandara semakin kompetitif.”

Menurut Awaluddin, command center di Terminal 3 ini berbeda dengan yang ada di Terminal 1 atau Terminal 2. Selain teknologi yang lebih maksimal, di apron Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta juga sudah terpasang visual docking guidance system (VDGS) yang merupakan alat berteknologi modern untuk memandu parkir pesawat, yang juga terhubung dengan command center AMC.

“Command center AMC ini juga disiapkan untuk mendukung beroperasinya internasional di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta dalam waktu dekat,” sambung Awaluddin. “Selain itu, juga merupakan salah satu upaya dalam mempersiapkan peningkatan kapasitas dua runway sehingga mampu melayani 86 penerbangan pesawat per jam, dari saat ini yang berjumlah 72 penerbangan per jam.”

Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta sendiri hingga saat ini masih menjadi terminal terluas yang ada di Indonesia. Sebelumnya, di terminal ini juga sudah disediakan fasilitas yang merupakan hasil kerja sama antara PT Angkasa Pura II dengan PT .