Terminal 2F Bandara Soetta Layani Penerbangan Murah Mulai 1 Mei 2019

Jakarta – Terminal 2F , Tangerang, Banten akan segera difungsikan sebagai terminal khusus berbiaya murah atau low cost carrier (LCC) pertama di Indonesia. Pihak PT Angkasa Pura (AP) II mengumumkan jika seluruh LCC akan memindahkan operasionalnya ke Terminal 2F Soetta mulai tanggal 1 Mei 2019 mendatang.

Muhammad Awaluddin, Direktur Angkasa Pura II - ekbis.rmol.co

Muhammad Awaluddin, Direktur Angkasa Pura II – ekbis.rmol.co

Menurut Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin, Terminal 2F nantinya beroperasi khusus melayani penerbangan internasional. “Kita sudah membahas dengan Kementerian Pariwisata (Kemenpar) bahwa kami akan secara formal mengoperasikan Terminal 2F sebagai LCCT pada 1 Mei mendatang. Sesuai dengan arahan dari Bapak Presiden yang kemudian diinstruksikan melalui Menteri BUMN, Menteri Perhubungan, dan Menteri Pariwisata,” kata Awaluddin, Jumat (26/4), seperti dilansir Merdeka.

Lebih lanjut Awaluddin menjelaskan jika keberadaan LCCT dapat memperluas konektivitas Bandara Soetta. Di samping itu juga memperluas pangsa pasar, terutama di segmen penerbangan berbiaya murah. Terlebih karena pertumbuhan LCC di seluruh dunia saat ini telah berkembang cukup pesat. “Segmen LCC tumbuh cukup pesat di seluruh dunia termasuk di Asia Tenggara, dan Soekarno-Hatta bersiap untuk meraih pasar itu,” ujar Awaluddin.

Nantinya akan ada 8 penerbangan berbiaya murah yang melayani internasional dari LCC Terminal 2F. PT AP II pun melakukan relokasi operasional maskapai di Bandara Soetta sebagai berikut:

  • AirAsia rute internasional dari saat ini Terminal 2D pindah ke Terminal 2F mulai 1 Mei 2019
  • Cebu Pacific yang saat ini di Terminal 2D pindah ke Terminal 2F mulai 1 Mei 2019
  • Lion Air Group (Lion air, Thai lion, Malindo) rute internasional dari saat ini Terminal 2D pindah ke Terminal 2F mulai 1 Mei 2019
  • JetStar Asia dari saat ini Terminal 3 pindah ke Terminal 2F mulai 15 Mei 2019
  • Sriwijaya Air dari Terminal 2F saat ini pindah ke Terminal 2D mulai 1 Mei 2019
  • Air Asia rute domestik dari saat ini Terminal 2F pindah ke Terminal 2D/E mulai 1 Mei 2019
  • Citilink dan Tiger Scoot juga nantinya menyusul akan pindah ke Terminal 2F.

“Penerbangan murah menjadi tren di kalangan traveler khususnya mereka yang termasuk generasi milenial. Di Soekarno-Hatta sendiri, sekitar 60% penumpang pesawat adalah generasi milenial,” tandas Awaluddin.