Terkendala Lahan, Pengembangan Bandara Soetta Mundur dari Target

bandara-soekarno-hatta-soetta

– Sebelumnya pengembangan Bandara Internasional Soekarno-Hatta, , , Banten ditargetkan rampung pada Maret 2017 mendatang. Namun tampaknya fasilitas baru tersebut baru dapat dinikmati sekitar pertengahan tahun depan.

Menteri Perhubungan () Budi Karya Sumadi mengakui jika memang ada sejumlah kendala dalam Bandara seperti kereta bandara. Salah satu masalah utamanya terkait pembebasan .

“Jadi pembebasan tanahnya itu belum selesai. Pemilik tol minta juga sekaligus dibayari. Dia tidak mau hanya di bagian kereta api saja,” kata Budi di Jakarta, Jumat (16/12).

Pihak Kemenhub berusaha untuk merampungkan urusan pembebasan tanah bulan ini dan pembayaran ganti rugi bisa dilakukan mulai Januari 2017, kemudian langsung dikebut. “Kalau mundur paling tidak sampai Juni 2017. Sehingga lebaran selesai. Tidak ada keterlambatan berarti,” paparnya.

Sementara itu Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Tangerang memiliki target pembebasan lahan 3 Bandara Soetta akan rampung pada awal 2017. “Sejauh ini sudah sampai pada tahap III (penetapan lokasi), jelas kami harus optimis akan pembebasan lahan ini. Ini sudah menjadi tanggung jawab kami sebagai pelaksana pembebasan lahan,” ujar Kasubsi Pengaturan Tanah Pemerintah BPN Kabupaten Tangerang, Sugiyadi, Jumat (16/12).

Menurut Budi, ada sejumlah hal yang perlu disiapkan terkait pembangunan landasan pacu, terutama karena nantinya runway tersebut dibangun dari aspal. Perbaikan tersebut direncanakan selesai dalam kurun waktu 18 bulan. “Seharusnya sekarang, tapi harus ada persiapan agar strukturnya benar,” katanya.

Mundurnya perbaikan runway ini juga disebabkan karena rencana perpindahan penerbangan internasional ke . “Penerbangan internasional nanti April 2017 dipindah. Garuda Indonesia dulu, kemudian disusul seluruh airlines pada Juni 2017,” kata Director of Operations & Engineering PT Angkasa Pura (AP) II Djoko Murjatmodjo.

Kelak penerbangan internasional akan menggunakan sisi terminal yang saat ini sedang dibangun, yakni di gate 1 dan 2. “Ini masih ada waktu. Kita akan optimalkan,” tandas Djoko.