Tekanan Udara Bermasalah, Pesawat Express Air Kembali Terbang ke Bandara Soetta


Tangerang – Maskapai Express Air XN 811 tujuan - terpaksa () usai lepas landas dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten pada Minggu (22/1) dini hari tadi.

yang mengangkut 200 orang tersebut kembali ke Bandara Soetta karena oksigen di kabin berkurang sekitar pukul 01.20 WIB. Padahal pesawat yang dikemudikan oleh Kapten Alberth Shayailatua tersebut baru mengudara sekitar 15 menit.

“Betul, pesawat Express Air return to base (RTB) karena ada masalah pada -nya,” ujar Kepala Bandara Wilayah 1 Bandara Soekarno-Hatta, Bagus Sunjoyo, Minggu (22/1) siang.

Bagus menjelaskan bahwa tekanan udara dalam kabin pesawat ketika berada di udara harus sama dengan tekanan saat berada di darat. Namun karena adanya masalah pada sistem freezer, pun memutuskan untuk RTB.

Sempat beredar isu bahwa penumpang yang merasakan kekurangan oksigen sampai mengeluarkan darah pada hidung dan telinga. Sayangnya pihak otoritas Bandara Soetta masih belum mengetahui informasi lebih detail seputar hal tersebut. “Itu masih kami selidiki, kami juga masih mengumpulkan informasi. Kami benar-benar baru dapat kabar juga,” akunya.

Pesawat Express Air tersebut diketahui dijadwalkan berangkat pukul 01.20 WIB. Namun pasca tersebut, pesawat Express Air masih menjalani pemeriksaan lebih lanjut. “Kami informasikan lagi setelah ada data lengkapnya nanti, termasuk soal kondisi penumpangnya,” ujar Bagus.