Tarif Xtrans Rute Bandara Soekarno-Hatta ke Bumi Serpong Damai (BSD)

Masyarakat dan mungkin sudah tidak asing dengan Xtrans, yang merupakan salah satu jasa modern yang mengakomodasi perjalanan darat ke sejumlah daerah, termasuk Jakarta, , dan sekitarnya.

Xtrans Rute Bandara Soekarno-Hatta ke Bumi Serpong Damai (BSD) - jabar.tribunnews.com

Xtrans Rute Bandara Soekarno-Hatta ke Bumi Serpong Damai (BSD) – jabar.tribunnews.com

Xtrans diklaim menjadi pelopor on time shuttle travel di Indonesia. Karena sebelum ada Xtrans, semua pemain transportasi travel menggunakan door to door. Dengan kata lain penumpang dijemput dari rumah mereka dan diantarkan hingga ke tujuan masing-masing. Hal tersebut dianggap tidak efisien dari segi waktu.

Xtrans sendiri terinspirasi dari sistem layanan kereta api yang menggunakan model on time shuttle, yang mana jika ada penumpang yang naik kereta api maka harus mendatangi sendiri stasiun kereta api tersebut. Setelah berjalan sekian waktu, sistem yang dipakai XTrans ini akhirnya diikuti oleh pemain jasa travel lainnya.

Awalnya XTrans hanya melayani rute Jakarta-Bandung. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu dan perkembangan bisnis, mulai tahun 2014 layanan XTrans sudah menjangkau wilayah Jawa Tengah, seperti Semarang, Yogyakarta, Pekalongan dan Solo. Sementara untuk armadanya sendiri, awalnya hanya diperkuat dengan 6 unit mobil, sekarang jumlahnya meningkat tidak kurang dari 120 armada yang tersebar di 15 cabang Xtrans di Jakarta dan 7 cabang di Bandung.

Dengan bertambahnya armada, tentu berpengaruh pada jumlah karyawannya yang kian bertambah. Hingga saat ini, untuk wilayah Jakarta dan Bandung jumlah karyawan Xtrans sudah lebih dari 550 karyawan, dan 240 orang di antaranya adalah sopir armada. Biasanya, setiap armada memiliki 2 orang sopir yang bertanggungjawab terhadap kelancaran armada Xtrans.

Untuk jumlah penumpang Xtrans sangat bergantung pada momennya. Misalnya pada weekend atau weekday tentu memiliki jumlah yang berbeda. Namun secara keseluruhan, rata-rata jumlah penumpang Xtrans adalah sebanyak 900 hingga 1.000 orang per harinya. Sementara untuk member tetap yang telah berlangganan Xtrans jumlahnya mencapai 14 ribu orang.

Xtrans juga kerap menjadi alternatif transportasi para penumpang yang akan bepergian dari Bandara Soekarno Hatta ke berbagai destinasi seperti Jakarta – Bintaro, Bandung – De’Batara, hingga ke Tangerang – Serpong, tentunya dengan yang berbeda-beda. Seperti contoh, dari Bandara ke Tangerang-Serpong (BSD/Bumi Serpong Damai) umum sebesar Rp50.000, dan khusus dibanderol lebih murah yakni Rp45.000. Waktu keberangkatanya setiap 30 menit dari pukul 05.15 WIB sampai 23.00 WIB.

Selain itu, Xtrans juga melayani rute dari point/pusat keberangkatan yang ada di BSD (Ruko Golden Road Sektor VII Blok S) menuju Jakarta-Bandara Soekarno Hatta. Tarifnya sama, yakni untuk umum sebesar Rp50.000, dan khusus Rp45.000. Waktu keberangkatan setiap 20 menit sekali dari pukul 03.25 WIB sampai 21.25 WIB.

Tak cukup sampai di situ, Xtrans juga menawarkan diskon atau potongan harga khusus bagi penumpang berstatus mahasiswa atau pelajar sebesar Rp10 ribu. Selain diskon khusus pelajar, Xtrans Travel juga memberikan diskon untuk orang-orang lansia yang berusia di atas 60 tahun yang juga sebesar Rp10 ribu.