Tarif Pesawat Jakarta-Banyuwangi via Bandara Soetta Beranjak Turun

JAKARTA – Pada Jumat (11/1) kemarin, Indonesia National Carriers Association atau INACA sepakat untuk menurunkan untuk rute . Menyusul keputusan tersebut, sejumlah maskapai pun mulai menurunkan tarif penerbangan mereka, termasuk rute Jakarta-Banyuwangi via .

Bandara Internasional Soekarno-Hatta - id.wikipedia.org

Bandara Internasional Soekarno-Hatta – id.wikipedia.org

“Per hari ini, Senin (14/1), harga tiket pesawat Citilink sudah turun semua. Untuk rute Banyuwangi-Jakarta di kisaran harga Rp800 ribu,” tutur District Sales Manager Citilink Banyuwangi, Dadang Teguh Setiawan, dilansir Tempo. “Sementara, untuk rute lainnya, bisa jadi lebih tinggi dari rute Banyuwangi, melihat lama durasi perjalanan.”

Ia menambahkan, penurunan harga tiket pesawat ini diharapkan bisa meningkatkan okupansi penumpang menuju Banyuwangi di masa low season yang selalu terjadi di awal tahun. Dengan pemotongan harga tiket pesawat, pihaknya yakin bisa menarik minat orang untuk berkunjung ke Banyuwangi. “Dengan pertimbangan biaya yang hampir sama, wisatawan akan memilih pesawat daripada jalur darat yang memakan waktu lebih lama,” sambung Dadang.

Penurunan harga tiket pesawat untuk rute Jakarta menuju Banyuwangi juga dilakukan oleh maskapai NAM Air. Hingga awal Januari sampai saat ini, harga tiket pesawat mereka turun sekitar 30 persen. “Kami turunkan dari semula Rp1,4 juta menjadi Rp775 ribu per penumpang,” kata Manajer NAM Air Banyuwangi, I Gde Chrisna.

Menurut Ketua Umum INACA, Ari Askhara, penurunan harga tiket pesawat merupakan inisiatif dari asosiasi lantaran mendengar keluhan dari masyarakat. Penurunan harga tiket pesawat yang dilakukan maskapai bervariasi, mulai 20 persen hingga 60 persen. Ia sendiri memastikan harga tiket pesawat akan kembali normal seperti sebelum masa liburan Natal dan Tahun Baru kemarin.

Sayangnya, hingga berita ini diturunkan, penurunan harga tiket pesawat belum merembet ke rute Balikpapan. Penerbangan Jakarta-Balikpapan milik Garuda Indonesia misalnya, harga terendah masih di kisaran Rp2,1 jutaan. Sementara, rute serupa yang dijalankan oleh Lion Air menetapkan harga tiket terendah Rp1 jutaan per penumpang.