Tarif Parkir Mobil di Bandara Soekarno-Hatta Naik, Ini Rinciannya

Jakarta di , Tangerang, Banten rupanya diam-diam mengalami kenaikan. Penyesuaian parkir reguler ini berlaku untuk kendaraan roda empat atau lebih. yang naik adalah mulai jam kedua sampai jam keempat, yang sebelumnya Rp 4.000 kini menjadi Rp 5.000. Kenaikan biaya parkir itu berlaku sampai maksimal 4 jam.

Parkiran Bandara Soekarno-Hatta - metro.tempo.co

Parkiran Bandara Soekarno-Hatta – metro.tempo.co

Dengan demikian, tarif parkir kendaraan mobil untuk 1 jam pertama adalah Rp 5.000, sedangkan untuk jam berikutnya sampai jam keempat dikenai tarif masing-masing sebesar Rp 5.000. “Ini dilakukan penyesuaian tarif,” kata Senior Manager of Branch Communication and Legal Bandara Soekarno-Hatta, Febri Toga Simatupang, Rabu (10/7), seperti dilansir Tribunnews. Kebijakan itu ternyata telah berlaku sejak tanggal 1 Juni 2019 lalu.

Sebelumnya, apabila pemilik kendaraan roda 4 memarkir mobilnya di area parkir reguler Bandara Soetta dalam durasi 4 jam dikenai biaya Rp 17 ribu, maka kini dengan durasi yang sama biayanya mencapai Rp 20 ribu. “Jadi mengacu kepada SK (Surat Keputusan) yang baru memang benar bahwa ada kenaikan tarif dari yang semula Rp 4 ribu jam kedua menjadi Rp 5 ribu,” sambung Plt Direktur Utama PT Angkasa Pura Solusi, Yundriati Erdani.

Sedangkan untuk tarif parkir dengan durasi lebih dari 4 jam maka akan dikenai tarif progresif sebesar Rp 10 ribu per jam tanpa batas maksimal. Apabila ingin parkir lebih lama, pemilik kendaraan disarankan untuk parkir di area parkir inap. Sementara itu, untuk tarif parkir kendaraan jenis sepeda motor masih tetap, tidak mengalami kenaikan. Adapun tarif parkir motor adalah Rp 5.000 per hari. “Ini diberlakukan hanya untuk kendaraan roda empat saja. Untuk pengendara sepeda motor tarif parkirnya masih sama,” tutur Febri.

Metode pembayaran parkir pun kini lebih beragam pilihannya, bisa menggunakan e-money atau sejenisnya, aplikasi OVO, atau bahkan dengan aplikasi LinkAja. “Untuk menghindari tarif progresif, kami sarankan pengguna jasa memanfaatkan fasilitas parkir inap. Di samping lebih nyaman, parkir kendaraan di area parkir inap juga lebih aman,” tutup Febri.