Angkasa Pura II Targetkan Trafik Penumpang Naik 27% Tahun 2021

Jakarta – PT Angkasa Pura (AP) II menargetkan jumlah pergerakan di 19 bandar udara kelolaannya akan tumbuh hingga 32% pada tahun 2021 dibanding tahun 2020. Demikian pula untuk trafik ditargetkan naik 27% jadi 45 juta orang.

Direktur , Muhammad Awaluddin – www.wartaekonomi.co.id

“Menjadi sekitar 543.000 . Bila dibandingkan dengan 2020 dan pergerakan penumpang naik 27 persen menjadi 45 juta orang,” kata Presiden Direktur PT Muhammad Awaluddin, Kamis (7/1), seperti dilansir Liputan6.

Untuk dapat mencapai target tersebut AP II menggagas strategi Business Recovery 2021 agar mempercepat pemulihan menuju kondisi normal seperti saat sebelum pandemi. Ditetapkannya strategi Business Recovery ini tentunya dengan melihat perkembangan terkini di mana vaksin corona (Covid-19) sudah tersedia.

“Di dalam strategi Business Recovery ini terdapat sejumlah program salah satunya adalah Corporate Renewal Program agar PT Angkasa Pura II dapat selalu beradaptasi untuk mengikuti momentum pemulihan ekonomi,” beber Awaluddin.

Lebih lanjut Awaluddin menjelaskan 3 fokus utama AP II dalam Corporate Renewal Program. Pertama, Lean operation guna memastikan tetap ramping agar dapat menyesuaikan dengan segala kondisi (operational excellence). Kedua, Leading digital agar aspek kepemimpinan teknologi tetap dominan dalam mendukung serta (digital experience). Terakhir, Leapfrogging the corporation agar perusahaan dapat melakukan berbagai terobosan dengan selalu mencari berbagai peluang bisnis (business exploration).

“Melalui strategi business recovery, -bandara AP II dapat membuka kembali -rute yang sempat ditutup pada 2020, meningkatkan frekwensi penerbangan di dalam satu , serta mengoptimalkan slot time penerbangan,” imbuh Awaluddin.

Sepanjang tahun 2020 saja AP II telah melayani sebanyak 412.186 pergerakan pesawat (take off dan landing) dengan jumlah pergerakan penumpang mencapai 35,54 juta di tengah pandemi Covid-19. “Pada awal tahun ketika terjadi pandemi Covid-19, kami menetapkan Rencana Kerja Anggaran Perusahaan [RKAP] yang baru dengan target jumlah penumpang 34,6 juta orang pada 2020. Berkat berbagai upaya serta kerja keras seluruh karyawan, target tersebut terlampaui dengan pergerakan penumpang mencapai 35,54 juta orang,” terang Awaluddin.