Tanggapi Permintaan Irak, Indonesia Kaji Penerbangan Jakarta-Baghdad

Pemerintah sedang mengkaji kemungkinan untuk membuka langsung Jakarta-Baghdad. Hal tersebut dilakukan seiring dengan permintaan pemerintah Irak yang menginginkan membuka jalur tersebut untuk meningkatkan transaksi perdagangan dan kerja sama ekonomi antara kedua negara.

Menteri Koordinator Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan

Menteri Koordinator Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan – kumparan.com

“(Penerbangan) itu masih kami kaji karena juga harus dihitung benar-benar load-nya bagaimana,” ujar Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan, dilansir Liputan6. “Perhitungan tersebut perlu dilakukan untuk mengetahui bahwa pembukaan Jakarta-Baghdad memang menguntungkan secara bisnis bagi maskapai.”

Luhut menuturkan, Irak memang telah menyampaikan berbagai tawaran kerja sama perdagangan dengan Indonesia. Sebab, ada sejumlah produk asal Tanah Air yang diminati negeri 1001 malam tersebut. “Irak itu banyak sekali permintaan yang bisa kita segera kirim, misalnya footwear, garmen, tekstil, hingga obat-obatan,” sambung mantan Menko Polhukam itu.

Saat ini, maskapai nasional Indonesia, , telah membuka sejumlah rute penerbangan ke kawasan Timur Tengah. Salah satu rute yang telah beroperasi adalah Jakarta-Jeddah via Internasional . Dilansir dari situs resminya, untuk penerbangan ini sekarang berkisar Rp14 jutaan per orang untuk kelas bisnis.

Di samping itu, Garuda Indonesia juga telah mengoperasikan rute Jakarta-Abu Dhabi yang menghubungkan Bandara Internasional Soekarno-Hatta dengan Bandara Internasional Abu Dhabi. Harga tiket pesawat Garuda Indonesia untuk penerbangan ini berkisar Rp24 jutaan per orang untuk kelas bisnis, sedangkan banderol tiket kelas ekonomi berkisar Rp5,5 jutaan.

Maskapai pelat merah tersebut juga telah membuka rute penerbangan Jakarta-Bahrain dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta menuju Bandara Internasional Bahrain. Dilansir dari situs resminya, durasi waktu yang dibutuhkan untuk melakukan perjalanan udara tersebut berkisar 10 jam hingga 27 jam, tergantung penerbangan yang dipilih.