Tahun Depan, Bandara Soekarno-Hatta Bakal Dilengkapi Pusat Kendali (AOCC)

TANGERANG – PT Angkasa Pura II mulai membangun Airport Operation Control Center (AOCC) di Gedung 631 . Untuk membangun gedung yang nantinya bertujuan memonitor keseluruhan Bandara Soekarno-Hatta itu, menggelontorkan dana sekitar Rp100 miliar dan diharapkan rampung Januari 2018.

Direktur Utama PT AP II Muhammad Awaluddin - solo.tribunnews.com

Direktur Utama PT AP II Muhammad Awaluddin – solo.tribunnews.com

“AOCC ini merupakan suatu command center untuk mengawasi operasional di sisi udara dan sisi darat serta mencakup seluruh aktivitas kedatangan dan keberangkatan di Bandara Soekarno-Hatta,” papar Direktur Utama PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin. “Pusat kendali ini mengintegrasikan seluruh stakeholder di bandara, seperti imigrasi, bea cukai, Polres, karantina, maskapai, dan lain-lain.”

Awaluddin menambahkan bahwa AOCC dilakukan karena pertumbuhan industri penerbangan yang signifikan setiap tahunnya. Melalui AOCC ini, seluruh aktivitas di bandara dapat terpantau secara real time sehingga seluruh aspek diharapkan dapat berjalan dengan lancar sesuai regulasi disertai terciptanya ketepatan waktu atau punctuality pada operasional yang berujung pada peningkatan pelayanan kepada maskapai dan juga .

“Sistem ini menjadi solusi yang banyak diterapkan di berbagai bandara di dunia dan ini menjadi bagian dari program pengembangan smart airport connection,” sambung Awaluddin. “Meski demikian, AOCC juga membutuhkan integrasi dari sistem yang dimiliki masing-masing stakeholder bandara sehingga dapat berjalan secara maksimal.”

AOCC ini nantinya akan menempati Gedung 613 seluas 2.200 meter persegi di samping Lounge Umrah. Gedung berupa hangar tersebut nantinya direnovasi dan ditargetkan bisa beroperasi pada Januari 2018. “Dana Rp100 miliar itu untuk merenovasi Gedung 631 sebagai kantor operasional AOCC dan sistem IT-nya,” timpal Direktur Operasional PT Angkasa Pura II, Djoko Moerjatmojo.

Nantinya, AOCC ini akan dilengkapi sejumlah modul seperti Airport Operation Database (AODB), Airport Management System (AMS), Resources Management System (RMS), Network Management System (NMS), Airport Security System (ASS), dan Facility Engineering Management System (FEMS). Di samping itu, juga terdapat CCTV room, Emergency Situation Room, Meeting Room, dan Airport People Movers System Control Room.