Tahun 2021 Terminal 4 Bandara Soetta Akan Mulai Dibangun

Jakarta – PT Angkasa Pura (AP) II mengungkapkan bahwa pihaknya akan berupaya untuk memulai proses IV Internasional pada awal tahun 2021 mendatang. Sementara ini AP II telah mempersiapkan seluas 120 hektare guna merealisasikan proyek pembangunan tersebut.

Menteri BUMN Rini Soemarno optimis Terminal 4 Bandara Soekarno-Hatta rampung tahun 2024

Menteri BUMN Rini Soemarno optimis Bandara Soekarno-Hatta rampung tahun 2024 – sindonews.com

Menurut Direktur Utama Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin, pihaknya juga akan segera mengadakan tender proyek Terminal 4 yang rencananya akan diselenggarakan bulan depan. Nantinya akan ada 3 yang dilelang oleh AP II, yaitu konseptual, basic dan detail engineering design (DED).

“Jadi butuh waktu yang cukup lama, kurang lebih hampir setahun untuk tuntaskan tiga desain tadi. Setelah itu kan kita akan melakukan persiapan konstruksi. Jadi konstruksi mungkin kita akan mulai awal-awal 2021,” ungkap Awaluddin, Jumat (5/4), seperti dilansir CNNIndonesia.

Apabila proses lelang rampung, AP II akan melanjutkan proses pembangunan ke tahap persiapan lahan dan juga konstruksi. Awaluddin sendiri memperkirakan jika proyek pembangunan Terminal 4 Bandara ini akan memakan dana sekitar Rp 11 triliun. Kemudian untuk skema pendanaannya kemungkinan akan menggunakan kombinasi antara sumber kas internal dan pinjaman.

“Kita mulai bangun nanti mungkin mulai di 2021 dengan kondisi harga material dan sebagainya, saya perkirakan tidak kurang sekitar Rp 11 triliun, itu akan kita alokasikan untuk Terminal 4. Kami belum ada rencana untuk strategic partnership Terminal IV, tetapi lihat nanti dinamikanya juga masih berkembang. Kalau memungkinkan ada peluang, misalnya strategic partnership atau investasi di terminal kenapa tidak,” beber Awaluddin.

Dengan dibangunnya Terminal 4 ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas di Bandara Soetta hingga 45 juta per tahun. Kapasitas tersebut lebih besar dari kapasitas Terminal 3 yang hanya 25 juta .

Sementara itu, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno menargetkan pembangunan Terminal 4 Bandara Soetta dapat rampung pada tahun 2024 mendatang. “Kalau tahun 2022 belum dapat Terminal 4. Insya Allah kalau 2024 bisa full kapasitas,” jelas Rini.