Tahun 2017 PT AP II Optimis Raih Target Pendapatan Rp 8,24 Triliun

Jakarta – Tahun 2017 mendatang PT Angkasa Pura (AP) II memiliki target pendapatan mencapai Rp 8,24 triliun. Target kali ini mengalami 25% dari tahun 2016 lalu. Target pendapatan terbesar PT AP II berasal dari bisnis aeronautika seperti passenger service charge (PSC), pendaratan , dan pemakaian garbarata yang diperkirakan menyentuh angka Rp 5,038 triliun.

PT Angkasa Pura II - palapanews.com

PT Angkasa Pura II – palapanews.com

Sedangkan bisnis non-aeronautika turut menyumbangkan pendapatan sekitar Rp 3,209 triliun yang terdiri dari konsesi usaha, sewa ruang, reklame, kargo, usaha bidang properti, dan masih banyak lagi.

Peningkatan pendapatan untuk tahun 2017 turut terbantu dengan dioperasikannya berbagai terminal baru seperti , Terminal Husein Sastranegara Bandung, Terminal Internasional Supadio Pontianak, Terminal Baru Depati Amir , serta Terminal Baru Silangit Tapanuli Utara.

President Director PT AP II Muhammad Awaluddin menuturkan jika pihaknya akan melakukan akselerasi bisnis agar berdaya saing di dunia internasional. “Terminal-terminal baru merupakan aset yang dapat dimanfaatkan untuk akselerasi bisnis tersebut, di mana kami akan lebih aktif mengajak maskapai membuka rute-rute baru untuk mendukung pertumbuhan ekonomi dan pariwisata nasional. Kami berharap beberapa bandara pada tahun depan juga mulai bersiap membuka rute internasional seperti di Bandara Sultan Thaha Jambi,” kata Awaluddin, Jumat (30/12).

Selain menaikkan pendapatan, PT AP II juga mempunyai 2 program prioritas lain untuk tahun depan, antara lain menargetkan traffic penumpang hingga 103 juta dan menerapkan program smart airport yang siap dioperasikan tahun depan.

Program smart airport akan diterapkan di kelima bandara yang berada di bawah pengelolaan PT AP II, yaitu Bandara Internasional Soekarno Hatta di Terminal III Ultimate, Bandara Husein Sastranegara, Bandara Silangit, Bandara Depati Amir, dan Bandara Internasional Supadio. Dalam hal ini, Bandara Soetta akan menjadi pilot project untuk program tersebut.