Tingkatkan Keamanan, Sejumlah Bandara Indonesia Terapkan Smart Security

Jakarta – Sejumlah di Indonesia mulai menerapkan smart airport atau bandara pintar yang ditunjang dengan berbagai inovasi teknologi seperti robot sampai penerapan smart security (pengamanan pintar). Pemerintah Indonesia sendiri memang berupaya mewujudkan smart airport lewat diterapkannya smart security di sejumlah bandar udara besar yang ada di Tanah Air.

Polana B Pramesti, Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) - fakta.news

Polana B Pramesti, Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) – fakta.news

Menurut Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Polana B Pramesti, hal tersebut dilakukan guna mendukung Ditjen Perhubungan Udara dalam memastikan dan kenyamanan pengguna moda transportasi udara.

Di Bandara , Tangerang, Banten misalnya, telah mengaplikasikan airport operation control center (AOCC) untuk meningkatkan pelayanan yang efektif pada seluruh pengguna moda transportasi udara dengan mengutamakan sejumlah aspek seperti keselamatan (safety), keamanan (security), pelayanan (service), serta pemenuhan atas regulasi (compliance).

“Pengelolaan bandara berbasis digital di era saat ini sangat membantu pengelola bandara dalam memastikan keamanan dan keselamatan penumpang. Saya memastikan, hal ini tidak mengurangi tingkat keamanan yang sudah berlaku, melainkan meningkatkan standar keamanan. Kami juga akan terus meningkatkan standar keselamatan maupun keamanan, baik di sisi darat maupun udara,” ungkap Polana, seperti dilansir Antara.

Di samping itu, menurutnya penerapan smart security juga akan lebih mempermudah para personel pengamanan penerbangan atau Aviation Security (Avsec) yang bertugas di bandara, sehingga mampu bekerja lebih cepat dengan mengandalkan sistem digital yang sudah diterapkan, terutama untuk pengidentifikasian barang kategori pembatasan atau yang dilarang.

Yang lebih menarik lagi, digitalisasi sistem pengamanan di bandara saat ini pun dinilai mampu mengurangi biaya-biaya yang tidak efektif, tanpa mengurangi standar persyaratan keamanan yang berlaku di bandara. Lebih lanjut Polana menuturkan, pemanfaatan sistem smart airport pun diharapkan bisa meningkatkan kualitas pelayanan dan pengolahan data sehingga lebih sempurna untuk keamanan dan keselamatan penerbangan.