Skytrain Bandara Soekarno-Hatta Resmi Beroperasi Hari Ini

PT Angkasa Pura (AP) II melakukan simulasi pengoperasian di Internasional , Tangerang, Banten, pada Sabtu (16/9) kemarin sebelum resmi dioperasikan pada hari ini, Minggu (17/9). Kereta tanpa awak atau Automated People Mover System (APMS) ini mampu menampung 170 dalam 1 rangkaian kereta yang terdiri dari 2 gerbong.

Hari Ini, Skytrain Bandara Soekarno-Hatta Resmi Beroperasi - megapolitan.kompas.com

Hari Ini, Skytrain Bandara Soekarno-Hatta Resmi Beroperasi – megapolitan.kompas.com

“Untuk kapasitas ada 170 dengan ketersediaan 10 kursi yang diprioritaskan untuk para lanjut usia (lansia) dan juga ibu hamil,” kata Public Relation Manager PT AP II, Yado Yarismano, seperti dilansir Viva.

Dalam simulasi atau uji coba tersebut deretan pegawai AP II seperti helper, Avsec, customer service, hingga komunitas bandara turut berpartisipasi. Skytrain Bandara Soetta nantinya melayani mulai dari Terminal 3 ke , dan sebaliknya. “Simulasi ini akan terus kita lakukan satu hari full. Hal ini dilakukan untuk mengecek teknis-teknis yang dianggap masih kurang,” jelas Yado.

Kereta dengan teknologi canggih tersebut telah didukung sejumlah seperti lokasi khusus untuk para penumpang difabel yang menggunakan kursi roda. Akan tetapi dari sekian yang ditawarkan, Skytrain tidak dilengkapi dengan toilet. Menurut Senior Manager Terminal 3, Syaiful Bahri, pada skytrain memang lain dari kereta pada umumnya.

“Skytrain ini kan hanya untuk rute Terminal 2 dan Terminal 3. Waktu tempuhnya pun sangat cepat hanya butuh 5 menit. Jadi, untuk fasilitasnya tak begitu lengkap seperti, tak banyak memiliki tempat duduk atau toilet,” ungkap Syaiful.

PT AP II pun menegaskan bahwa kesiapan pengoperasian skytrain di Bandara Soetta sudah mencapai 100% dan kelak skytrain akan beroperasi pada tertentu saja. “Tidak 24 jam, Skytrain ini beroperasi dari pukul 7 pagi sampai 7 malam saja. Hal ini karena masih proses, terkait penjadwalan penggunaan Skytrain,” tandas Syaiful.

Sementara itu, pada hari ini rencananya skytrain akan diresmikan di shelter skytrain Terminal 3 Bandara Soetta. Peresmian tersebut nantinya akan dihadiri Menteri BUMN Rini Soemarno dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.