September 2018, TOD Bandara Soetta Terapkan Sistem Pembayaran Parkir Cashless

Tangerang – Mulai bulan September 2018 depan PT Angkasa Pura (AP) II akan mulai menerapkan transaksi non tunai (cashless) untuk kendaraan di kawasan Transit Oriented Development (TOD) , Tangerang, Banten.

TOD Bandara Soetta Terapkan Sistem Pembayaran Parkir Cashless - www.liputan6.com

TOD Bandara Soetta Terapkan Pembayaran Parkir Cashless – www.liputan6.com

“Ya, bulan depan kita sudah mulai berlakukan,” ujar Senior Manager Branch Communication and Legal, Febri Toga Simatupang, Kamis (23/8), seperti dilansir Liputan 6. Lebih lanjut Febri menjelaskan bahwa sistem pembayaran non tunai ini mengadopsi sistem yang telah lebih dahulu diberlakukan di lokasi parkir yang ada di Terminal 1, Terminal 2, dan Terminal 3 Bandara Soetta.

Dengan diterapkannya sistem pembayaran non tunai ini diharapkan dapat mengurangi antrean lantaran pembayaran dengan uang tunai biasanya memakan cukup banyak waktu apabila pengguna jasa tidak membayar dengan uang pas dan membutuhkan uang kembalian.

“Sistem ini tengah kami uji coba sejak 15 Agustus 2018 lalu. Sampai sejauh ini hampir 75 persen yang memarkirkan kendaraannya sudah menggunakan pembayaran non tunai. Kebutuhan ini kami bangun sesuai dengan kebutuhan masyarakat pengguna jasa TOD,” beber Febri.

Menurut Febri dari hari ke hari jumlah pengguna jasa bandara yang memarkir sepeda motornya di kawasan TOD cukup padat. Atas dasar itulah PT AP II berupaya untuk menawarkan fasilitas yang sesuai dengan kebutuhan para pengguna jasa TOD. Sistem pembayaran cashless di area parkir TOD diharapkan mampu meningkatkan kualitas pelayanan, terutama pada masyarakat yang menggunakan fasilitas TOD Bandara Soetta.

Sebelum sistem pembayaran non tunai diterapkan, pihak pengelola parkir TOD Bandara Soetta, yaitu PT Angkasa Pura Solusi nantinya akan melakukan sosialisasi terlebih dahulu pada masyarakat dan menyiapkan salah satu konter untuk pembelian kartu pembayaran non tunai. “Untuk penggunaan kartu, sama dengan yang ada di lokasi parkir Terminal, yakni BCA, Mandiri, BRI dan BNI,” tandas Febri.