AP II Siapkan Sentra Vaksinasi Terminal 1A Bandara Soekarno-Hatta untuk Umum

Jakarta – PT (Persero) mendukung penuh vaksinasi Covid-19 untuk komunitas . Hal ini dilakukan sebagai upaya memperkuat sektor penerbangan dalam menghadapi Covid-19 dan mendukung terwujudnya kekebalan kelompok (herd immunity) di Indonesia.

Sentra Vaksinasi Terminal 1A Bandara – tangerangonline.id

Hingga tanggal 18 Juni 2021 lalu, jumlah anggota komunitas bandara AP II yang divaksin mencapai 16.000 orang. Jumlah tersebut meliputi para staf bandara yang bertugas sebagai aviation security, customer service, teknisi, cleaner, personel keamanan publik, mitra usaha, terminal inspection services, operator in charge, Rescue and Fire Fighting Services (RFFS), Apron Movement Control (AMC), ground handling, dan sebagainya.

Dari 20 bandara yang berada di bawah pengelolaan Angkasa Pura II, vaksinasi terbanyak telah dilakukan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten yang juga merupakan bandar udara terbesar dan tersibuk di Indonesia. Adapun jumlah komunitas Bandara yang telah divaksin mencapai 12.000 orang atau 75% dari sekitar 16.000 orang yang telah divaksinasi di 20 bandara AP II.

“Bandara Soekarno-Hatta memiliki sentra vaksinasi di Terminal 1A yang dijalankan secara profesional sehingga dapat dengan lancar menjalankan vaksinasi terhadap belasan ribu orang komunitas Bandara Soekarno-Hatta,” kata President Director AP II Muhammad Awaluddin, Jumat (25/6), seperti dilansir Tangerangonline.

Pada tanggal 29-30 Juni 2021 mendatang, sentra vaksinasi Terminal 1A akan kembali mengadakan vaksinasi untuk sekitar 2.000 orang anggota komunitas Bandara Soekarno-Hatta (Kombata). Sentra vaksinasi Terminal 1A Bandara Soekarno-Hatta pun sempat dikunjungi oleh Menteri Budi Gunadi Sadikin pada bulan Maret 2021 lalu.

“Saya di sini mengucapkan terima kasih kepada teman-teman dari Angkasa Pura II yang sudah mau berpartisipasi menyiapkan sentra vaksinasi. Saya kagum karena rapi, nyaman tempatnya dan proses efisien dan modern,” beber Menkes Budi.

Selain itu, sentra vaksinasi Terminal 1A Bandara Soekarno-Hatta kini sedang disiapkan dibuka untuk umum dalam rangka mendukung percepatan program vaksinasi untuk masyarakat. Hal ini sejalan dengan ditetapkannya bandara dan pelabuhan sebagai salah satu pusat vaksinasi oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes).